Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 19:53 WIB

Ujian adalah Kebaikan

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Selasa, 29 Mei 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Ujian adalah Kebaikan
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menolong, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS. Al Baqoroh [2] : 155)

Saudaraku, Rasulullah Saw ketika dilahirkan ke dunia ini ayahnya sudah wafat. Jadi, Nabi Saw memulai episode kehidupan dunia ini dengan sebuah ujian yaitu sebagai anak yatim, tidak merasakan kasih sayang, belaian, perlindungan dari ayahnya. Kemudian, saat usia balita, saat sangat membutuhkan kasih sayang ibunya, ibunya pun wafat. Masa kanak-kanak beliau lalui dengan hidup mandiri, tanpa ayah ibu.

Sejak periode awal beliau sudah ditempa dengan ujian-ujian yang tidak mudah. Dan, ujian datang semakin kencang manakala sudah menjadi nabi kemudian diangkat sebagai rosul. Kawan menjadi lawan, yang dekat menjauh, teman menjadi musuh, saudara menjadi benci.

Demikianlah, jalan dakwah beliau dilalui tidak dalam jalan yang penuh kesenangan dan kegembiraan, melainkan jalan yang sulit dan penuh ujian, yang mengantarkan kepada kemenangan gilang-gemilang. Dalam pandangan sebagian orang, kesulitan dan kepahitan yang dilewati oleh rasul adalah penderitaan. Padahal sesungguhnya tidak. Bagi orang-orang yang beriman, segala yang Allah tentukan merupakan kebaikan.

Semakin kita menyadari bahwa setiap yang datang dari Allah adalah kebaikan, semakin kita menyadari bahwa hidup ini tidak akan selalu sesuai dengan keinginan kita, semakin kita berbaik sangka pada Allah, maka akan semakin tenang dan nyaman kita menjalani hidup ini. WAllahualambishowab. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x