Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 16:10 WIB

Salat Sunah Badiyah Isya setelah Tarawih?

Oleh : - | Senin, 21 Mei 2018 | 08:00 WIB
Salat Sunah Badiyah Isya setelah Tarawih?
(Foto: Ilustrasi)

PERTAMA, Waktu yang tepat untuk shalat badiyah isya adalah persis setelah shalat isya, sebelum tarawih. Hanya saja, para ulama membolehkan untuk dikerjakan setelah tarawih atau di tengah-tengah tarawih, bagi yang tidak sempat mengerjakannya setelah isya.

Dalam Kasyaful Qana, Al-Buhuti ulama hambali mengatakan,

Waktu shalat tarawih; setelah shalat isya dan setelah shalat sunah. Majdud Din dalam syarahnya mengatakan, Karena shalat sunah bakdiyah isya, makruh diakhirkan dari shalat isya, dan jika dikerjakan setelah shalat isya, itu lebih baik, waktunya sebelum witir sampai terbit fajar.

Beliau melanjutkan,

"Jika ada orang yang shalat tarawih setelah isya, sebelum shalat sunah bakdiyah, shalatnya sah. Hanya saja, yang afdhal dikerjakan setelah shalat sunah, berdasarkan keterangan Imam Ahmad." (Kasyaful Qana, 1:426).

Kedua, sebagian ulama melarang mengerjakan shalat sunah bakdiyah di tengah-tengah tarawih, karena ini mengesankan bahwa makmum telah keluar dari jamaah bersama imam.

Dalam ar-Raudhul Murbi, al-Buhuti mengatakan

Dimakruhkan melakukan shalat sunah diantara shalat tarawih. Diriwayatkan oleh Al-Atsram dari Abu Darda, bahwa beliau melihat ada orang yang shalat sunah di antara shalat tarawih. Abu Darda mengatakan, Shalat apa ini? Apakah kamu shalat sunah sendiri sementara imam ada di depanmu? Bukan termasuk bagian kami, orang yang membenci kami. (Ar-Raudhul Murbi, 1:116).

Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

Komentar

Embed Widget

x