Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 13:48 WIB
 

Rasulullah Salat Malam Tak Lebih dari 13 Rakaat

Oleh : - | Kamis, 17 Mei 2018 | 08:00 WIB
Rasulullah Salat Malam Tak Lebih dari 13 Rakaat
(Foto: Ilustrasi)

A'ISYAH pernah ditanya oleh murid-muridnya tentang bagaimana cara Nabi shallallahu alaihi wa sallam shalat malam. Jawab Aisyah radhiyallahu anha,

Beliau tidak pernah nambahi lebih dari 11 rakaat, baik di dalam ramadhan maupun di luar ramadhan. (HR. Bukhari 3569)

Dalam riwayat lain, Aisyah mengatakan, "Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melakukan shalat malam sebanyak 13 rakaat." (HR. Abu Daud 1340)

Para ulama memahami, hadis ini bukanlah pembatasan. Karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah melarang lebih dari 13. Yang diceritakan Aisyah adalah kebiasaan jumlah rakaat shalat lail yang dikerjakan Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan,

"Bahwa shalat malam di bulan Ramadhan tidaklah dibatasi oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan bilangan tertentu. Namun yang dilakukan Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah beliau tidak menambah di bulan Ramadhan atau bulan lainnya lebih dari 13 rakaat, akan tetapi beliau memperpanjang rakaatnya. Barangsiapa yang mengira bahwa shalat malam di bulan Ramadhan memiliki bilangan rakaat tertentu yang ditetapkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam, tidak boleh ditambahi atau dikurangi dari jumlah rakaat yang beliau lakukan, sungguh dia telah keliru."(Majmu al-Fatawa, 22/272).

Kemudian beliau menyebutkan, bahwa dulu ada yang shalat tarawih 40 rakaat dan witir dengan 3 rakaat. Ada juga yang tarawih 36 rakaat dan witir dengan 3 rakaat. Semuanya dibolehkan.

[baca lanjutan: Mana yang Lebih Afdal, 11 atau 23 Rakaat?]

Komentar

Embed Widget

x