Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 12:51 WIB

Jangan Tertipu Motivasi Bom Bunuh Diri!

Selasa, 15 Mei 2018 | 15:00 WIB

Berita Terkait

Jangan Tertipu Motivasi Bom Bunuh Diri!
(Foto: ilustrasi)

MOTIVASI melakukan bom bunuh diri di antaranya karena menganggap hal itu sebagai jihad. Sebenarnya bukan hanya dengan modal semangat. Seharusnya setiap perbuatan selain didasari niat yang benar, juga dilakukan dengan cara yang tidak menyelisihi syariat.

Ada satu pelajaran dari hadits muttafaqun alaih yang menerangkan bahwa seharusnya kita tidak mudah percaya atau tidak tertipu dengan orang yang semata-mata berniat membela Islam, ingin menghancurkan non muslim, namun ia jauh dari syariat malah bermaksiat. Berikut pelajaran dari hadits tersebut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu taala anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan Bilal pada saat perang Khoibar untuk menyeru manusia dengan mengatakan,

"Tidak akan masuk surga kecuali jiwa seorang muslim. Mungkin saja Allah menolong agama ini lewat seorang laki-laki fajir (yang bermaksiat)." (HR. Bukhari no. 3062 dan Muslim no. 111)

Perowi hadits ini adalah Abu Hurairah Ad Dausi, sahabat yang mulia yang banyak menghafalkan hadits. Namun nama aslinya dan nama ayahnya diperselisihkan. Ada yang menyebut namanya adalah Abdurrahman bin Shokr dan ada yang menyebut selain itu. Beliau meninggal dunia tahun 57 Hijriyah, ada juga yang mengatakan 58 atau 59 Hijriyah. Ketika meninggal dunia, umur beliau 78 tahun.

[baca lanjutan: Awas! Berniat Jihad tapi Jauh dari Syariat]

Komentar

Embed Widget
x