Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 19:13 WIB

Peraturan Pribadi Sayyidina Umar bin Khattab

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 10 Mei 2018 | 00:05 WIB
Peraturan Pribadi Sayyidina Umar bin Khattab
(Foto: Ilustrasi)

SELALU saja Umar bin Khattab yang terkenal gagah perkasa itu bertanya pada dirinya sendiri: "Apa yang akan kamu katakan kepada Tuhanmu nanti wahai Umar?".

Sebelum berbuat dan berkata apapun, selalu saja pertanyaan ini dilontarkannya sehingga banyak yang menganggap kalimat di atas sebagai undang-undang pribadi bagi diri Sayyidina Umar. Dengan pertanyaan itu, ucapan dan perilaku beliau selalu terkontrol. Tak akan diucapkan kata-kata dan tak akan dilakukan sebuah tindakan sebelum beliau yakin bisa menjawab dengan benar dan baik kelak jika ditanya Allah.

Maukah kita meniru Sayyidina Umar dalam hal tersebut di atas? Atau barangkali kita sudah punya undang-undang pribadi yang lain? Yang jelas, kita harus menyadari bahwa semua yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawaban. Kesadaran seperti ini adalah penting untuk mengawal langkah hidup kita.

Siapkan jawaban untuk Allah saat ditanya nanti "mengapa kamu sibuk dengan selainKu padahal Aku yang menghidupkan dan menghidupimu?" Siapkan juga jawaban atas pertanyaan "mengapa kamu memilih dia sebagai pemimpinmu, kok bukan selain dia?" serta "mengapa kamu mendukung partai itu kok bukan partai ini?"

Ada beberapa pertanyaan lainnya. Yakinkan bahwa kita bisa menjawabnya dengan jawaban yang membuat Allah ridla. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget

x