Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 06:10 WIB

Pribadi yang Dewasa

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Sabtu, 12 Mei 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Pribadi yang Dewasa
(Foto: Istimewa)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mengetahui segala isi hati, menggolongkan kita sebagai ahli syukur. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rohmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al Ahzab [31] : 21)

Saudaraku, mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang bisa bersikap dewasa meski usia belum termasuk tua. Karena salah satu ciri dari akhlakul karimah itu adalah berpikiran dan bersikap dewasa. Sikap yang dewasa itu tidak tergantung kepada umur. Ada yang umurnya masih muda, tapi caranya berpikir dan bertindak matang dan dewasa, sehingga dia menjadi bagian dari keindahan akhlak.

Dan, tidak sedikit juga orang yang usianya sudah termasuk tua, tapi cara berpikir dan bertindaknya masih kekanak-kanakan. Kalau anak kecil bersikap sebagaimana laiknya anak kecil, itu lucu. Tapi kalau orang dewasa bersikap kekanak-kanakan, itu menjengkelkan.

Orang yang berpikir dan bersikap dewasa itu bukan berarti kaku, melainkan cara berpikir dan bertindaknya selalu penuh manfaat, mengandung makna. Senantiasa bisa menempatkan diri saat bersikap, dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak berguna apalagi mengandung keburukan.

Rasulullah Saw adalah pribadi yang dewasa. Bahkan sejak masa kanak-kanak kedewasaannya sudah nampak, sikapnya santun dan penuh kemandirian. Tidak ada seorangpun yang mengenal beliau kecuali memiliki penilaian yang baik tentang beliau.

Semoga kita termasuk umat nabi Muhammad Saw yang senantiasa meneladani kemuliaan akhlak beliau. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x