Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 00:43 WIB
 

Masalah dan Potensi Masalah

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 11 Mei 2018 | 01:11 WIB
Masalah dan Potensi Masalah
(Foto: Istimewa)

ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur hanya milik Allah Swt, Pemilik langit bumi dan seluruh makhluk. Dialah Allah, Penguasa segala kejadian, tiada kejadian sekecil apapun kecuali terjadi atas izin-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada." (QS. Al Hajj [22] : 46)

Saudaraku, tidak sedikit orang yang melakukan general check-up di rumah sakit atau laboratorium, tujuannya untuk mengetahui masalah kesehatan yang terjadi di dalam tubuh dan mengetahui potensi masalah yang kemungkinan besar akan terjadi di dalam tubuh. Penyakit yang sudah ada bisa langsung ditangani, sedangkan potensi penyakit bisa diantisipasi dan dicegah sedini mungkin.

Nah, akan tetapi jarang orang yang mau melakukan general check up ke dalam hatinya untuk kemudian membersihkan penyakit-penyakit di dalam hatinya dan mencegah potensi peyakit.

Masalahnya adalah kalau penyakit yang terkait dengan tubuh kita, separah apapun, semua akan selesai dengan kematian. Bahkan yang sehat pun akan selesai urusan lahirnya karena kematian. Namun, penyakit hati tidak selesai dengan kematian, malah justru akan bertambah parah jikalau ketika kematian datang penyakit tersebut masih ada.

Waspadalah pada kondisi hati kita. Sering-seringlah memeriksanya. Jangan biarkan bibit-bibit penyakit sombong, riya, buruk sangka berkembang semakin besar karena sesungguhnya penyakit-penyakit ini akan menjadi sumber kesengsaraan baik di dunia maupun di akhirat. Semoga Allah Swt. melindungi kita dari bahaya-bahaya penyakit hati. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x