Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 06:32 WIB

Kualitas Diri Menentukan Respons Sebuah Peristiwa

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 4 Mei 2018 | 00:05 WIB

Berita Terkait

Kualitas Diri Menentukan Respons Sebuah Peristiwa
(Foto: ilustrasi)

PERISTIWA yang terjadi mungkin saja sama, pada waktu yang sama dan pada tempat yang sama, namun respon setiap orang yang mengalami peristiwa itu bisa jadi berbeda. Kasih saja sebuah misal positif pembagi-bagian uang 100 ribu menjelang pilkada. Apakah semua penerima merespon dengan rasa senang yang sama? Pasti ada yang setengah tak senang dan ada yang sangat tak senang.

Beri satu lagi contoh kasus musibah kecelakaan mobil yang diserempet truck yang mengibatkan lima orang luka-luka. Ada yang terus menangis dan mengeluhkan truck penabrak, ada yang memaklumi truck itu yang menabrak karena ada kakek nenek menyeberang sembarangan, dan ada yang menganggapnya sebagai hal biasa saja yang tak perlu dibesar-besarkan.

Bagaimana seseorang merespon sesuatu sesungguhnya ditentukan oleh kualitas pribadi orang itu. Persis seperti dikatakan banyak guru kehidupan. Orang dengan kepribadian lemah selalu saja merasa dirinya tersakiti, selalu jadi korban dan bahkan merasa sebagai satu-satunya orang yang menderita.

Orang dengan kepribadian kuat selalu saja mampu memahami dan memaklumi, mampu mentoleransi peristiwa sehingga tak terlarut dalam kesedihan diri berkepanjangan. Orang dengan kepribadian cerdas akan mudah melupakan ketaknyamanan hidup dengan menganggapnya sebagai hal biasa seperti peristiwa lainnya.

Masuk tipe yang manakah kita? Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x