Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 22:43 WIB

Ternyata Jin Pun Ada yang Menjadi Da'i

Oleh : - | Rabu, 2 Mei 2018 | 05:00 WIB
Ternyata Jin Pun Ada yang Menjadi Da'i
(Foto: Ilustrasi)

SETAN adalah sifat, dia bisa dari golongan jin, maupun manusia. Jin sebagaimana manusia, mereka mukallaf, memiliki tugas dan kewajiban sebagaimana manusia. Mereka diwajibkan beribadah sebagaimana manusia.

Allah berfirman, "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS. ad-Dzariyat: 56)

Mereka juga ada yang muslim dan ada yang kafir. Ada yang baik dan ada yang jahat. Allah berfirman,

"Sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang taat dan ada (pula) orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun orang-orang yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahanam." (QS. al-Jin: 14 15)

Di ayat lain, Allah menjelaskan, "Sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda." (QS. al-Jin: 11).

Di masa Nabi shallallahu alaihi wa sallam ada kejadian jin yang dulu kafir, kemudian masuk Islam. Lalu mereka menjadi dai, mengajak kawan-kawannya sesama jin untuk ikut masuk islam. Allah berfirman,

"Ingatlah ketika Kami arahkan serombongan jin kepadamu untuk mendengarkan Alquran. Tatkala mereka menghadiri pembacaan Alquran lalu mereka berkata: "Diamlah kalian untuk mendengarkannya". Ketika pembacaan telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan." (QS. al-Ahqaf: 29)

Setelah mereka masuk Islam, mereka mengajak jin yang lain untuk masuk Islam. Mereka mengatakan, bahwa Alquran yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu alaihi wa sallam ajarannya sama dengan kitab yang diturunkan kepada Musa alaihis salam.

Allah berfirman,

"Mereka berkata: "Hai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan kitab (Alquran) yang telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus." (QS. al-Ahqaf: 30).

[baca lanjutan: Jin Qarin yang Mengiringi Rasulullah Masuk Islam]

Tags

Komentar

Embed Widget

x