Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 17:08 WIB
 

Salat, Pembeda Antara Muslim dan Kafir

Oleh : - | Senin, 30 April 2018 | 06:00 WIB
Salat, Pembeda Antara Muslim dan Kafir
(Foto: Ilustrasi)

SESUNGGUHNYA salat adalah rukun kedua dari rukun-rukun Islam setelah Dua kalimat syahadat. Salat adalah pembeda antara muslim dan kafir. Salat adalah tiang agama Islam.

Salat adalah amalan pertama yang akan dihisab (pada hari Kiamat) dari seorang hamba. Jika benar salatnya dan diterima maka akan diterima pula amal saleh yang lainnya. Dan jika tertolak salatnya maka tertolak pula seluruh amalnya.

Sungguh telah disebutkan tantang salat di dalam Alquran Al-Karim pada banyak tempat dalam konteks yang bervariasi dan bermacam-macam.

Terkadang disebutkan bahwa Allah memerintahkannya. Terkadang dijelaskan tentang keistimewaannya. Terkadang disebutkan tentang balasan dan pahalanya. Terkadang disebutkan bersamaan dengan kesabaran, dan perintah untuk memohon pertolongan kepada Allah dengan keduanya (sabar dan salat) dalam keadaan susah dan genting.

Di sisi lain salat adalah merupakan penyejuk pandangan bagi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di dunia ini. Salat adalah hiasan bagi para nabi-nabi, syiarnya para orang-orang saleh. Salat adalah penyambung antara seorang hamba dengan Rabb semesta alam. Salat juga merupakan pencegah dari perbuatan keji dan mungkar.

Semoga Allah Ta'ala membalas dengan kebaikan bagi orang yang membacanya dan menyebarkannya.

[Sumber: Al-Mulakhas al-Fiqhi, Karya Syaikh Al-Allaamah Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah/Andri Abdul Halim Al-Khalil]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x