Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 15:47 WIB

Hadiah Bagi Orang-orang yang Sudah Meninggal

Jumat, 13 April 2018 | 05:00 WIB

Berita Terkait

Hadiah Bagi Orang-orang yang Sudah Meninggal
(Foto: inilahcom)

SUATU hari Rasulullah SAW bersabda kepada para sahabat, "Berikan hadiah kepada orang-orang yang sudah meninggal di antara kalian."

Para sahabat bertanya, bagaimana mungkin? Kata Nabi SAW, "Dengan sedekah dan doa." Beliau melanjutkan sabdanya, "Sesungguhnya arwah kaum mukminin datang ke langit dunia di dekat kampung dan rumah mereka pada hari Jumat.

Semua arwah itu memanggil dengan suara menyedihkan seraya merintih, "Wahai keluargaku, wahai anak-anakku, wahai ayah-bunda dan kerabatku, kasihanilah kami dengan apa yang pernah kami miliki. Celaka dan beratlah tanggung jawab kami dengan apa yang pernah kami miliki itu, sedang manfaatnya bagi orang selain kami. Sayangilah kami, semoga Allah menyayangi kalian."

Setiap arwah itu memanggil keluarganya, "Sayangilah kami dengan satu dirham, atau makanan, atau pakaian. Mudah-mudahan Allah memberikan kalian pakaian surga."

Nabi SAW pun menangis, baru kemudian bersabda, "Mereka itulah saudara kamu dalam agama. Mereka telah menjadi tanah dan tulang belulang setelah segala kesenangan dan kenikmatan dunia. Mereka menyesali dirinya seraya berkata: Ah, seandainya kami dulu membelanjakan apa yang kami miliki dalam ketaatan kepada Allah dan keridhaanNya, sekarang kami tak akan memerlukan bantuan kalian. Para arwah itu pun kembali dengan penuh penyesalan dan sedih, seraya berseru: Segerakan sedekah kepada orang yang sudah meninggal dunia."

Pada Jumat ini, mari kita mencoba memasukkan kebahagiaan kepada orang tua, karib, kerabat atau orang-orang tercinta yang sudah mendahului kita ke alam baka, dengan menyebarkan kasih sayang kepada sesama makhluk Allah yang masih hidup di dunia bersama kita. Bukankah ada sebuah hadits yang menyatakan, siapa yang memperbaiki akhlaknya, ia akan berhasil melewati shirath pada hari ketika kaki-kaki tergelincir? []

Komentar

Embed Widget
x