Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 16:23 WIB

Jadikan Mereka Sebagai Raja

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Jumat, 13 April 2018 | 00:11 WIB

Berita Terkait

Jadikan Mereka Sebagai Raja
(Foto: Istimewa)

TERBACA olehku nasehat berbahasa Arab yang mencuri perhatianku. Berlinang air mata ini membacanya karena semua terasa terlambat untuk kuterapkan kini, saat kedua orang tuaku sudah tiada. Tidak. Ternyata tidak terlambat. Masih ada yang bisa ku perbuat. Berikut terjemahan nasehat itu:

"Jangan engkau marahi kedua orang tuamu demi membahagiakan orang lain. Orang tuamu telah membangunmu menjadi manusia sejak dirimu masih berupa janin lemah, sementara selainmu itu hadir mengambil manfaat darimu setelah dirimu menjadi 'orang.'"

Nasehat itu berlanjut: "Orang tuamu telah menjadikan dirimu sebagai pangeran atau puteri kerajaan saat dirimu masih kecil, maka jadikanlah kedua orang tuamu sebagai raja dan ratu saat dirimu sudah besar." Sungguh luar biasa menyentuh, bukan? Mari kita laksanakan perintah itu.

Pasti ada yang bertanya bagaimana jika orang tua kita sudah meninggal? Ada beberapa hal yang masih bisa kita lakukan untuk membahagiakan mereka di alam barzakhnya: doakan mereka dengan doa terbaik, hajikan dan unrohkan mereka, serta bersedekahlah atas nama diri beliau. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x