Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 17:54 WIB
 

Mengamalkan Ilmu

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Sabtu, 7 April 2018 | 01:11 WIB
Mengamalkan Ilmu
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mengetahui, Maha Mendengar, dan Maha Kuasa, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang ahli takwa. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, ..Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka)." (QS. An Nisaa [4] : 66)

Saudaraku, ada orang yang berilmu tapi tidak mengamalkan ilmunya. Ia berilmu hanya untuk dipergunakan saat berdebat agar terlihat pintar oleh orang lain. Ia berilmu hanya untuk diceramahkan agar terlihat sebagai seorang alim di hadapan orang lain. Ilmu hanya dimanfaatkan untuk mencari kekaguman orang, bukan diamalkan demi keberkahannya.

Padahal jikalau kita mengamalkan ilmu meskipun ilmu yang kita peroleh masih sedikit, niscaya Allah akan membukakan kepada kita ilmu-ilmu lain yang belum kita ketahui. Ibnu Abbad r.a pernah mengatakan, "Barangsiapa yang berusaha mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya, maka Allah akan menunjukkan mereka pada apa yang belum mereka ketahui."

Semakin ilmu kita amalkan, akan semakin banyak manfaatnya dan semakin kuat pula kita memahami ilmu tersebut. Karena boleh jadi ilmu yang masih sedikit yang kita miliki tersebut, justru akan semakin lengkap manakala kita mengamalkannya. Kita akan semakin mengerti sisi-sisi mana saja yang masih belum kita ketahui pada ilmu tersebut.

Ilmu akan membuat kita mengerti hidup ini. Dan, beramal dengan ilmu akan membuat kita sampai pada hakikat dan tujuan hidup ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung karena mengamalkan ilmu. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x