Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 07:21 WIB
 

Pintu Surga Bagi Orang-orang Berpuasa

Oleh : - | Jumat, 6 April 2018 | 13:00 WIB
Pintu Surga Bagi Orang-orang Berpuasa
(Foto: ilustrasi)

"SESUNGGUHNYA di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan ar-Royyan, dimana orang-orang yang puasa akan masuk dihari kiamat nanti melalui pintu tersebut. Tidak ada orang selain mereka yang memasukinya. Dikatakan, Dimana orang-orang yang berpuasa? Maka mereka berdiri dan masuk melalui pintu tersebut. Jika mereka telah masuk, ditutuplah pintu tersebut , maka tidaklah masuk seorang pun melalui pintu tersebut." (HR.Ahmad, Bukhari dan Muslim)

Royyan adalah pintu surga VIP yang diperuntukkan khusus bagi orang-orang yang berpuasa. Siapa yang memasuki surga melalui pintu ini, maka ia tidak akan merasakan dahaga selamanya.

"Di dalam surga terdapat satu pintu yang disebut ar-Royyaan, dimana orangorang yang berpuasa diundang kepadanya. Siapa yang termasuk ahli puasa, niscaya ia memasukinya. Dan siapa yang memasukinya, niscaya ia tidak akan merasakan dahaga selamanya." (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah)

"Barang siapa yang puasanya mencegahnya dari makan dan minum yang diinginkannya, maka Allah akan memberinya makan dari buah-buah surga dan memberinya minum dari minumannya." (HR. Baihaqi)

Maka sering kita berpuasa, maka makin dekat kita dengan pintu ar-Royyan. Makin besar kesempatan kita untuk meraih surga.

Diriwayatkan dari Abu Umamah radhiallahu 'anha, katanya, "Aku berkata (kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam), Wahai Rasulullah, tunjukkan padaku suatu amalan yang bisa memasukkanku ke surga? Beliau menjawab : Hendaklah kamu sering berpuasa, tidak ada (amalan) yang semisal dengan itu." (HR. NasaI, Ibnu Hibban dan al-Hakim)

Nah, amalan-amalan sunah seperti puasa sunah Senin-Kamis dan juga puasa Daud akan mengantarkan orang yang mengamalkan puasa sunah ini berkesempatan besar untuk masuk surga melalui pintu ar-Royyan, sebab ia orang yang banyak berpuasa.

[Chairunnisa Dhiee/Manfaat Dahsyat Puasa Senin-Kamis dan Puasa Daud]

Komentar

 
Embed Widget

x