Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 16:11 WIB

Kisah Perserteruan Abadi yang Patut Direnungkan

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Rabu, 4 April 2018 | 03:29 WIB

Berita Terkait

Kisah Perserteruan Abadi yang Patut Direnungkan
(Foto: Ilustrasi)

ALQURAN detail sekali bercerita tentang perseteruan manusia dengan syetan. Dimulai dengan kisah penciptaan Adam yang membuat iri iblis sampai pada perintah Allah bagi anak cucu Adam untuk menjadikan syetan sebagai musuh dalam banyak firmanNya.

Saya sering mengkaji tentang syetan ini dalam kajian atau pengajian saya. Walau tema yang dikaji adalah tentang setan, kajian ini tak seperti menonton film horor yang menakutkan dan membuat bulu kuduk merinding, melainkan bagai menikmati kisah Qur'ani yang penuh hikmah, memunculkan kesadaran hakikat diri dan tantangan-tantangannya.

Masalah pertama yang memantik iri hati iblis kepada nabi Adam adalah masalah khilafah, dijadikannya Nabi Adam sebagai khalifah Allah di muka bumi. Urusan kekuasaan atau pangkat, jabatan dan status ternyata menjadi hal paling tua usianya sebagai obyek iri hati dan dengki. Makhluk langit terbagi menjadi dua bagian: kelompok malaikat yang menerima apa yang menjadi ketentuan Allah dan kelompok iblis yang menolak karena iri hari yang berselimutkan kesombongan.

Iblis ini adalah dari kelompok jin. Jin itu berasal dari yang bermakna tidak tampak atau tidak kelihatan atau terhalangi. Sementara iblis bermakna "yang tak memiliki kebaikan sama sekali" atau yang berputus asa. Sementara syetan berasal dari kata yang bermakna mengingkari dan mengajak orang untuk ingkar. Kalau begitu, orang yang diam-diam mengajak kemungkaran atau mengingkari kebenaran sementara dirinya tak memberikan kebaikan apapun kepada orang lain sungguh sangat lengkap untuk disebut sebagai representasi nyata dari iblis atau syetan.

Tidak semua jin itu adalah syetan, karena nyatanya ada jin muslim yang baik dan shalih. Tidak semua manusia yang tidak tergolong "syetan." Lihatlah dalam surat an-Naas, ternyata pembisik yang membuat gelisah dan sedih hati adalah syetan baik dari golongan jin dan manusia. Jadilah pelaku kebaikan, jadilah inspirasi kebaikan, dan jadilah penebar kebaikan. Salam AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x