Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 02:10 WIB

Syekh Hasan Basri dan Cara Indah Hadapi Kedzaliman

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Selasa, 3 April 2018 | 03:27 WIB

Berita Terkait

Syekh Hasan Basri dan Cara Indah Hadapi Kedzaliman
(Foto: Ilustrasi)

ADA seorang lelaki yang berbuat tak enak, menyakiti, Syekh Hasan Basri. Syekh Hasan Basri diam tak melawan dan tak menjawab ocehan orang yang menyakiti itu. Orang-orang di sekeliling Syekh geram pada orang itu dan gemes pada Sang Syekh besar ini.

Salah seorang pengikut Syekh memberanikan diri bertanya: "Mengapa tidak didoakan saja orang itu agar mendapatkan balasannya Syekh?" Syekh Hasan Basri menjawab: "Apa tak ada kasih sayang di dalam hatimu? Apakah engkau ingin kedzalimannya itu berkumpul dengan doa pembalasanku?"

Senyap sejenak lalu Syekh melanjutkan dawuh: "Tak usah membenci orang yang telah berbuat salah padamu. Kesalahannya, perbuatan jeleknya, akan dengan sendirinya terbalaskan dengan kehidupan dunianya yang tak pernah nyaman. Kasihani orang yang mendzalimimu. Selama hidup di dunia ini dia akan selalu lemah sedih dan galau. Sementara di akhirat kelak, dia akan kebingungan saat berada di depanmu."

Baca dan renungkan kisah itu. Begitu tingginya etika beliau, begitu bersihnya hati beliau. Kita harus selalu belajar, walau kini masih belum bisa sesabar beliau. Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget
x