Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 11:50 WIB
 

Mengapa Keyakinan Kepada Allah Bisa Melemah?

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 2 April 2018 | 19:14 WIB
Mengapa Keyakinan Kepada Allah Bisa Melemah?
(Foto: Istimewa)

AL-MUNAWI dalam kitabnya Faidlul Qadir Juz 5 Halaman 414 menjelaskan tentang penyebab lemahnya keyakinan kita kepada Allah. Ingat selalu bahwa kuatnya keyakinan itu merupakan kunci bahagia, kunci tenangnya hati, kunci senangnya jiwa. Sementara sebaliknya akan menjadi penyebab sebaliknya.

Menurut beliau, kecenderungan hati untuk berpihak dan bergantung kepada makhluk merupakan penyebab utama lemahnya keyakinan itu. Semakin hati kita cenderung pada makhluk maka semakin kita menjauh dari Allah. Semakin kita menjauh dari Allah maka semakin lemah keyakinan kita.

Keyakinan adalah tetapnya pengetahuan dan kesadaran diri bahwa prima causa segala sesuatu adalah Allah, yang mengatur semuanya adalah Allah dan bahwa semuanya pasti kembali kepada Allah untuk dimintai pertanggungjawaban. Lebih dari itu, keyakinan itu adalah merasa tenang dengan ketentuan Allah, percaya dan ridla ats segala ketentuan yang ditetapkan untuk kita.

Dengan definisi di atas dan beberapa indikator dasar di atas, tanyakanlah pada diri kita sendiri 'sudah kuatkah keyakinan kita.' Yakinlah bahwa tak yakin kepada Allah adalah penyebab utama kegelisan hidup. Kesimpulan ini sungguh meyakinkan. Masih belum yakin? Salam, AIM. [*]

Komentar

Embed Widget

x