Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 18:42 WIB

Siapakah yang tidak Pernah Melakukan Dosa?

Kamis, 29 Maret 2018 | 10:00 WIB

Berita Terkait

Siapakah yang tidak Pernah Melakukan Dosa?
(Foto: Ilustrasi)

SIAPAKAH di antara kita yang tidak pernah melakukan dosa? Tentunya tidak ada. Karena setiap manusia pasti pernah melakukan perbuatan dosa, atau terjatuh dalam perbuatan dosa, tidak terkecuali orang-orang yang belajar untuk istiqomah.

Seyogyanya bagi kita, untuk bersegera bangkit dan meninggalkan perbuatan dosa tersebut, kemudian langsung bertaubat kepada Allah Taala yang maha pengampun.

Apa yang harus kita lakukan pada saat itu?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Tidaklah seorang hamba (baik laki-laki ataupun perempuan) yang melakukan perbuatan dosa (apapun), kemudian dia bersuci (wudu atau mandi wajib), lalu salat dua rakaat, kemudian dia beristighfar memohon ampun (bertaubat dari dosa tersebut), niscaya Allah akan mengampuni dosanya itu". (HR. Abu Daud: 1521, At-Tirmidzi: 3006).

Bertobat kepada Allah Taala itu dengan menyesali perbuatannya, dan berusaha untuk meninggalkannya, serta berazam untuk tidak mengulanginya selamanya, dan mengembalikan hak orang lain jika masih ada pada kita.

Allah Taala berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat nasuhaa (taubat yang semurni-murninya)." (QS. At-Tahrim: 8).

Ya Allah, bimbinglah kami agar selalu bertobat kepada-Mu dari dosa-dosa kami. Aamiin. [Ust. Fuad Hamzah Baraba LC]

Komentar

Embed Widget
x