Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 03:02 WIB
 

Penjagaan Allah pada Agama dan Keimanan

Oleh : - | Rabu, 21 Maret 2018 | 18:00 WIB
Penjagaan Allah pada Agama dan Keimanan
(Foto: ilustrasi)

ADA orang yang ingin diganggu oleh hewan lantas dijaga oleh Allah. Sebagaimana terjadi pada Safinahbekas budak Nabi shallallahu alaihi wa sallamketika kendaraannya (perahunya) rusak dan ia terdampar di suatu pulau.

Ketika itu ia melihat seekor singa. Singa itu malah jalan bersamanya hingga ditunjukkan jalan keluar. Lantas hewan tersebut seperti menyampaikan perpisahan dengannya lantas kembali. Lihat Jaami Al-Ulum wa Al-Hikam, 1:468.

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah mengatakan, "Barangsiapa menjaga (hak-hak) Allah, maka Allah akan menjaganya dari berbagai gangguan." Sebagian salaf mengatakan, "Barangsiapa bertakwa pada Allah, maka Allah akan menjaga dirinya. Barangsiapa lalai dari takwa kepada Allah, maka Allah tidak ambil peduli padanya. Orang itu berarti telah menyia-nyiakan dirinya sendiri. Allah sama sekali tidak butuh padanya." Lihat Jaami Al-Ulum wa Al-Hikam, 1:467.

Penjagaan yang lebih dari penjagaan pertama, yaitu Allah akan menjaga agama dan keimanannya. Allah akan menjaga dirinya dari pemikiran rancu yang bisa menyesatkan dan dari berbagai syahwat yang diharamkan. Inilah penjagaan yang lebih luar biasa dari penjagaan pertama tadi. Lihat Jaami Al-Ulum wa Al-Hikam, 1:468.

Semoga kita senantiasa dijaga oleh Allah ketika kita menjaga aturan-aturan-Nya. [Referensi: Fikih Sirah Nabawiyah; Jaami Al-Ulum wa Al-Hikam/ Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

Embed Widget

x