Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 April 2018 | 00:32 WIB
 

Rasul Tak Pernah Menyentuh Berhala Sejak Kecil

Oleh : - | Rabu, 21 Maret 2018 | 07:00 WIB
Rasul Tak Pernah Menyentuh Berhala Sejak Kecil
(Foto: ilustrasi)

KEHIDUPAN Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebelum masa kenabian adalah mulia dan gemilang. Beliau semenjak masa kecil hidup dalam akidah yang benar, tidak terpengaruh dengan akidah dan moral jahiliyah, walaupun dikelilingi oleh agama dan budaya. Berikut di antara beberapa bukti penjagaan Allah sebelum beliau diangkat menjadi seorang Nabi.

Beliau tidak menyetujui patung-patung yang disembah oleh kaumnya. Beliau mengetahui bahwa patung-patung tersebut tidak bisa mendatangkan manfaat dan mudharat. Suatu hari, dia bersama bekas budaknya, Zaid bin Haritsah radhiyallahu anhu, dan ada patung bernama Isaf dan Nailah. Patung-patung itu diusap oleh orang-orang musyrik ketika mereka thawaf.

Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melakukan thawaf, Zaid berkata, "Saya pun thawaf bersamanya. Setelah saya melewatinya, maka saya pun mengusap patung itu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata, "Jangan menyentuhnya!" Saya berkata pada diri saya, "Saya akan tetap menyentuhnya hingga saya lihat apa yang akan terjadi."

Kemudian saya tetap mengusapnya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Bukankah aku telah melarangmu?" Demi Allah yang telah memuliakan beliau dan menurunkan risalahnya kepadanya, dia tidak pernah menyentuh patung hingga Allah memuliakannya dan menurunkan Al-Quran (Al-Kitab) kepadanya." (HR. Al-Baihaqi dalam Dalail An-Nubuwwah, 2:34; Ibnu Katsir dalam Al-Bidayah wa An-Nihayah, 3:447-448)

[baca lanjutan: Rasul Tak Pernah Dekati Maksiat Sejak Kecil]

Komentar

 
Embed Widget

x