Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 06:34 WIB
 

Belenggu-belenggu Neraka: Rasakanlah Azab Ini

Oleh : - | Rabu, 21 Maret 2018 | 06:00 WIB
Belenggu-belenggu Neraka: Rasakanlah Azab Ini
(Foto: ilustrasi)

MENGENAI rantai, cambuk, dan belenggu dalam neraka sudah dijelaskan dalam Alquran sebagai berikut, "(Allah berfirman), Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta." (QS. Al-Haaqqah 69:30-32)

Berdasarkan ayat tersebut sudah jelas bahwa rantai yang dipakai untuk membelit penghuni neraka sangat panjang, yakni tujuh puluh hasta. Sedangkan belenggu yang berada di dalam neraka juga dipersiapkan Allah swt, sebagaimana firman-Nya dalam ayat berikut,

"Karena sesungguhnya, pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala." (QS. Al-Muzzammil 73:12)

Dalam ayat lain Allah swt juga berfirman berikut :

"Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, seraya mereka diseret, ke dalam air yang sangat panas. Kemudian mereka dibakar dalam api." (QS.al-Mumin : 71-72)

Selain rantai dan belenggu yang disiapkan Allah swt di dalam neraka, penghuni neraka juga dipersiapkan cambuk yang terbuat dari besi. Hal ini juga telah Allah swt katakan, dalam firman-Nya :

"Dan, untuk mereka cambuk-cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak ke luar dari mereka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan), Rasailah azab yang membakar ini." (QS. al-Hajj 22 : 21-22 ).

Ingatlah, dan teruslah mengingat bahwa neraka merupakan tempat kembali dengan berbagai penderitaan yang akan dialami oleh semua orang yang menghuni di dalamnya. Semoga dengan terus menerus memperbaiki diri, kita tidak termasuk ke dalam calon penghuni neraka. Insyaa Allah. [Chairunnisa Dhiee]

Tags

Komentar

Embed Widget

x