Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 14:46 WIB

1 Malamnya Abu Bakar Lebih Baik dari Keluarga Umar

Senin, 19 Maret 2018 | 09:00 WIB

Berita Terkait

1 Malamnya Abu Bakar Lebih Baik dari Keluarga Umar
(Foto: ilustrasi)

ALLAH Taala berfirman, "Salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita"" (QS. At Taubah: 40)

As Suhaili berkata: "Perhatikanlah baik-baik di sini Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam berkata janganlah kamu bersedih namun tidak berkata janganlah kamu takut karena ketika itu rasa sedih Abu Bakar terhadap keselamatan Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam sangat mendalam sampai-sampai rasa takutnya terkalahkan".

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari hadits Anas bin Malik Radhiallahuanhu, Abu Bakar berkata kepadanya: "Ketika berada di dalam gua, aku melihat kaki orang-orang musyrik berada dekat dengan kepala kami. Aku pun berkata kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, kalau di antara mereka ada yang melihat kakinya, mereka akan melihat kita di bawah kaki mereka. Rasulullah berkata: Wahai Abu Bakar, engkau tidak tahu bahwa bersama kita berdua yang ketiga adalah Allah"

Ketika hendak memasuki gua pun, Abu Bakar masuk terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada hal yang dapat membahayakan Nabi Shallallahualaihi Wasallam. Juga ketika dalam perjalanan hijrah, Abu Bakar terkadang berjalan di depan Nabi Shallallahualaihi Wasallam, terkadang di belakangnya, terkadang di kanannya, terkadang di kirinya. Oleh karena itu ketika masa pemerintahan Umar bin Khattab Radhiallahuanhu ada sebagian orang yang menganggap Umar lebih utama dari Abu Bakar, maka Umar Radhiallahuanhu pun berkata:

"Demi Allah, satu malamnya Abu Bakar lebih baik dari satu malamnya keluarga Umar, satu harinya Abu Bakar masih lebih baik dari seharinya keluarga Umar. Abu Bakar bersama Rasulullah pergi ke dalam gua. Ketika berjalan, dia terkadang berada di depan Rasulullah dan terkadang di belakangnya. Sampai-sampai Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam heran dan berkata: Wahai Abu Bakar mengapa engkau berjalan terkadang di depan dan terkadang di belakang?.

Abu Bakar berkata: Ya Rasulullah, ketika saya sadar kita sedang dikejar, saya berjalan di belakang. Ketika saya sadar bahwa kita sedang mengintai, maka saya berjalan di depan. Rasulullah lalu berkata: Wahai Abu Bakar, kalau ada sesuatu yang aku suka engkau saja yang melakukannya tanpa aku? Abu Bakar berkata: Demi Allah, tidak ada yang lebih tepat melainkan hal itu aku saja yang melakukan tanpa dirimu. Ketika mereka berdua sampai di gua, Abu Bakar berkata: Ya Rasulullah aku akan berada di tempatmu sampai memasuki gua. Kemudian mereka masuk, Abu Bakar berkata: Turunlah wahai Rasulullah. Kemudian mereka turun. Umar berkata: Demi Allah, satu malamnya Abu Bakar lebih baik dari satu malamnya keluarga Umar" (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dalam Dalail An Nubuwwah)

Komentar

Embed Widget
x