Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 02:49 WIB
 

Allah Maha Menjaga dan Maha Memelihara

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Selasa, 20 Maret 2018 | 01:11 WIB
Allah Maha Menjaga dan Maha Memelihara
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mengetahui segala isi hati, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "..Sesungguhnya Tuhanku adalah Maha pemelihara segala sesuatu." (Huud [11] : 57) Dalam ayat-Nya yang lain Allah Swt. berfirman, "..dan Tuhanmu Maha Memelihara segala sesuatu." (QS. Sabaa [34] : 21)

Saudaraku, tidak ada satupun di alam semesta ini kecuali seluruhnya Allah yang menciptakan. Dan, tidak ada satupun dari seisi alam ini kecuali semuanya milik Allah semata. Allah yang menciptakan, Allah yang memiliki, Allah juga yang mengurus seluruhnya.

Allah senantiasa sibuk menjaga dan memelihara seluruh alam beserta isinya ini, hanya saja sibuknya Allah tentu berbeda dengan sibuknya makhluk. Kesibukan kita sebagai makhluk berkaitan dengan rasa bingung, lelah, capek, penat, dan kesibukan untuk urusan yang kecil dan terbatas. Sedangkan kesibukan Allah itu sempurna.

Allah menjaga dan memelihara seluruh alam ini dengan ilmu-Nya. Allah mengetahui kemudian mencatat setiap amal perbuatan hamba-Nya tanpa ada yang terlewat sedikitpun dan menjaganya. Syariatnya malaikat pun turut mencatat. Demikian juga dengan urusan lainnya, Allah Swt. sempurna penjagaan dan pemeliharaan-Nya terhadap seluruh jagat raya.

Penjagaan dan pemeliharaan Allah itu sempurna. Sedangkan makhluk, sering lupa jikalau diamanahi untuk menjaga atau memelihara sesuatu. Tidak ada yang luput satupun kebaikan dari pengetahuan Allah, dan catatan kebaikan itu akan terjaga dengan baik di sisi-Nya dan akan dibalas dengan berlipat ganda. Maasyaa Allah.

Semoga keimanan kita senantiasa kokoh kepada Allah Swt. Hanya kepada Allah kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita pasti akan kembali. WAllahu alam bishowab. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget

x