Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 14:03 WIB
 

Hukum Belajar Bahasa Inggris, Halal atau Haram?

Oleh : - | Minggu, 11 Maret 2018 | 18:00 WIB
Hukum Belajar Bahasa Inggris, Halal atau Haram?
(Foto: ilustrasi)

BOLEHKAH kita mempelajari bahasa Inggris? Apa hukumnya? Al Lajnah Ad Daimah, komisi Fatwa Kerajaan Saudi Arabia pernah ditanya, "Apa hukum mempelajari bahasa Inggris, haram ataukah halal?"

Jawab para ulama yang duduk di Lajnah, "Jika ada hajat agama atau dunia untuk mempelajarinya, atau termasuk pula bahasa lainnya, maka tidak mengapa mempelajari mempelajarinya. Adapun jika tidak ada hajat, maka dimakruhkan mempelajarinya." (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 12: 133).

Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah berkata,

"Kami berpandangansebagaimana realitas yang adabahwa bahasa Arab tetap adalah bahasa yang paling mulia. Karena bahasa Arab adalah bahasa Al Quran Al Karim dan juga menjadi bahasa para Rasul alaihish sholaatu was salaam. Akan tetapi bahasa Inggris adalah bahasa dunia yang begitu masyhur. Bahasa ini digunakan oleh muslim dan kafir (sehingga sekarang tidak bisa lagi disebut bahasa khas orang kafir, pen). Di samping itu, bahasa Inggris itu menjadi bahasa yang wajib Anda pelajari (diberbagai jenjang pendidikan, pen). Andai bahasa Inggris adalah bahasa khas orang kafir, boleh jadi pada suatu waktu Anda membutuhkannya.

Aku sendiri berangan-angan, andai saja aku bisa menguasai bahasa Inggris. Sungguh, aku melihat terdapat manfaat yang amat besar bagi dakwah jika saja bahasa Inggris bisa kukuasai. Karena jika kita tidak menguasai bahasa tersebut, bagaimana kita bisa berdakwah jika ada yang masuk Islam di hadapan kita." (Liqo Al Bab Al Maftuh kaset no. 61, Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin)

Hanya Allah yang memberi taufik. [Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

Embed Widget

x