Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 17:21 WIB

Tujuh Manfaat Bersedekah

Senin, 12 Maret 2018 | 09:00 WIB

Berita Terkait

Tujuh Manfaat Bersedekah
(Foto: ilustrasi)

KETAHUILAH, bahwa dalam sedekah terdapat tujuh hal yang mungkin selama ini kita kurang mengetahui. Dan berikut adalah ketujuh hal yang terjadi dari bersedekah:

Pertama, sedekah melepaskan kewaspadaanmu. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, "Sesungguhnya sedekah menolak tujuh puluh hal cobaan."

Kedua, sedekah adalah obat bagimu. Nabi juga bersabda, "Obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan sedekah."

Ketiga, sedekah menjadi pengawalmu. Rasulullah bersabda, "Jagalah hartamu dengan sedekah."

Keempat, sedekah dapat memperlambat murka Allah. Rasulullah pun juga bersabda, "Sedekah dapat memperlambat murka Allah."

Kelima, sedekah memperlembut dan memperkuat persaudaraan. Nabi bersabda, "Sedekah adalah hadiah. Maka, kalian akan saling mengingatkan dan saling mencintai.."

Keenam, sedekah melembutkan hati. Seperti sabda Rasulullah, "Barang siapa menemukan kerasnya hati, hendaklah ia menyebarkan sedekah."

Ketujuh, sedekah menambah umur. Rasulullah bersabda, "Sedekah menolak bahaya dan menambah umur."

Dan menurut versi hadis lain, Ali Ra, "Rasulullah bersabda, Apabila sedekah keluar dari tangan pemiliknya, maka ia akan jatuh ditangan Allah sebelum masuk ke dalam tangan peminta. Kemudian, sedekah itu berkata dengan lima kalimat, "Aku kecil, lalu kamu membesarkanku. Aku sedikit lalu kamu memperbanyak aku. Aku musuh, lalu engkau menjadikan aku kekasih. Aku fana, lalu engkau kekalkan aku. Dulu, engkau menjadi penjaga ku, lalu sekarang aku akan menjagamu."

Hadis-hadis di atas menjelaskan makna dari sebuah sedekah, dan Islam sangat menganjurkan kita untuk bersedekah. Jadi, bersedekahlah walau hanya sedikit, setidaknya akan meringan kan beban sesama saudara kita. [Chairunnisa Dhiee]

Komentar

Embed Widget
x