Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 02:35 WIB
 

Allah Maha Mengetahui Urusan Tersembunyi

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 8 Maret 2018 | 01:11 WIB
Allah Maha Mengetahui Urusan Tersembunyi
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur hanya milik Allah Swt. Dzat Yang Maha Mengetahui siapa diri kita yang sesungguhnya, Maha Memperhatikan setiap gerak gerik kita dan Maha Meggenggam langit bumi dengan seluruh isinya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu dari asmaul husna adalah Al Khobir, Allah Yang Maha Mengetahui segala hal yang tersembunyi atau rahasia. Allah Swt berfirman, "Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?" (QS. Al Mulk [67] : 14)

Saudaraku, tidak ada sekecil apapun urusan yang tersembunyi dari pandangan Allah Swt. Tidak ada satu rahasia dari aib-aib yang kita tutup-tutupi kecuali Allah mengetahuinya. Tidak ada satupun kemaksiatan yang kita lakukan sembunyi-sembunyi kecuali Allah melihatnya. Tidak ada satupun bisikan sehalus apapun kecuali Allah pasti mendengarnya.

Sungguh sangat mudah bagi Allah untuk membeberkan siapa diri kita yang sebenarnya. Kita dihormati oleh orang lain bukan karena kita sungguh-sungguh mulia, melainkan karena Allah masih menutupi keburukan-keburukan kita.

Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang menyadari akan kebenaran ini. Sehingga kita tidak berbangga diri terhadap pujian, penghormatan yang datang pada kita. Karena segala pujian dan penghormatan itu tidak ada yang cocok dengan keadaan kita yang sesungguhnya, dan kita pun tidak akan terluka dengan penghinaan orang lain karena penghinaan itu masih jauh lebih baik dibandingkan kehinaan kita yang sebenarnya.

Tidak ada yang membatasi pengetahuan Allah terhadap diri kita. Jikalau kita yakin akan hal ini maka niscaya kita akan berpikir seribu kali untuk melakukan maksiat, dan kita tidak akan menunda-nunda setiap amal ibadah kepada Allah Swt. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah Maha Mengetahui setiap urusan yang paling tersembunyi, paling rahasia dari diri kita. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x