Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 13:20 WIB
 

Pahala Dilipatgandakan karena 3 Alasan ini

Oleh : - | Selasa, 6 Maret 2018 | 11:00 WIB
Pahala Dilipatgandakan karena 3 Alasan ini
(Foto: Ilustrasi)

PERLU diketahui bahwa kadang pahala dilipatgandakan di sisi Allah boleh jadi karena beberapa hal.

Pertama: Kemuliaan tempat ketika dilaksanakannya amalan. Seperti kemuliaan negeri harom (Makkah dan Madinah). Oleh karena itu, shalat di Makkah dan Madinah itu dilipatgandakan daripada masjid lainnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang shohih, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Shalat di masjidku lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya kecuali masjidil harom." (HR Bukhari dan Muslim)

Kedua: Mulianya waktu dilaksanakannya amalan. Seperti dilaksanakan pada bulan Ramadhan dan bulan Dzulhijjah. Maka sungguh janganlah lewatkan kesempatan memperbanyak amalan di bulan Ramadhan.

Ketiga: Mulianya dan dekatnya orang yang mengamalkannya di sisi Allah, serta begitu bertakwanya dia di sisi Allah. Sebagaimana pahala yang akan didapati umat Islam lebih berlipat daripada umat sebelum umat ini karena umat ini begitu mulia dari umat sebelumnya. Berarti semakin ikhlas dan bertakwanya seseorang di sisi Allah, juga semakin bertambah besar pahala yang ia peroleh. Contohnya adalah pahala sedekah sahabat lebih besar dari umat lainnya karena mulianya mereka, ikhlasnya mereka dan mereka lebih bertakwa di sisi Allah.

[Kitab Lathoif Al Maarif, Ibnu Rajab Al Hambali/ Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

 
Embed Widget

x