Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 13:49 WIB

Bersedihlah Jika ada yang Lebih Taat Darimu

Senin, 5 Maret 2018 | 13:00 WIB

Berita Terkait

Bersedihlah Jika ada yang Lebih Taat Darimu
(Foto: Ilustrasi)

DALAM masalah akhirat seharusnya seseorang berlomba untuk menjadi yang terdepan. Inilah yang diisyaratkan dalam ayat lainnya, "Berlomba-lombalah dalam kebaikan" (QS. Al Baqarah: 148).

"Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba." (QS. Al Muthoffifin: 26). Artinya, untuk meraih berbagai nikmat di surga, seharusnya setiap berlomba-lomba.

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah menerangkan, "Para sahabat memahami bahwa mereka harus saling berlomba untuk meraih kemuliaan di surga. Mereka berusaha menjadi terdepan untuk menggapai derajat yang mulia tersebut. Oleh karena itu, jika di antara mereka melihat orang lain mendahului mereka dalam beramal, mereka pun bersedih karena telah kalah dalam hal itu. Inilah bukti bahwa mereka untuk menjadi yang terdepan."

Kita dapat melihat pula dalam kalam ulama salaf lainnya. Hasan Al Bashri rahimahullah mengatakan, "Jika engkau melihat orang lain mengunggulimu dalam hal dunia, maka kalahkanlah ia dalam hal akhirat."

Wuhaib bin Al Ward rahimahullah mengatakan, "Jika engkau mampu tidak ada yang bisa mengalahkanmu dalam hal akhirat, maka lakukanlah."

Sebagian salaf mengatakan, "Jika engkau mendengar ada yang lebih taat pada Allah darimu, seharusnya engkau bersedih karena telah kalah dalam hal ini."

Coba kita bayangkan keadaan kita saat ini. Tidak ada rasa sedih. Tidak ada rasa dikalahkan. Perasaan hanya biasa-biasa saja jika ada yang mengungguli kita dalam hal akhirat. Akhirnya, untuk menggapai surga pun menjadi lemah. Kemanakah hati yang lemah? Yaa Allah tunjukilah kami ke jalan-Mu!

[baca lanjutan: 2 Modal Meraih Surga]

Komentar

Embed Widget
x