Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 April 2018 | 00:36 WIB
 

Perbanyak Ingat Kematian Hati Menjadi Lembut

Oleh : - | Senin, 5 Maret 2018 | 09:00 WIB
Perbanyak Ingat Kematian Hati Menjadi Lembut
(Foto: Ilustrasi)

SEBAGIAN nasihat para salaf untuk selalu mengingat kematian. Berkata Shafiyyah binti 'Umar -radhiyallahu 'anha-:

"Ada seorang wanita mengadukan tentang kerasnya hati kepada 'Aisyah -radhiyallahu 'anha-, maka 'Aisyah -radhiyallahu 'anha- berkata: "Perbanyaklah mengingat kematian, maka hatimu akan menjadi lembut"

Iapun melakukannya, hingga hatinyapun lembut, dan datanglah ia kepada 'Aisyah -radhiyallahu 'anha- untuk berterima kasih".

Datanglah seorang lelaki kepada Abu Darda' -radhiyallahu 'anhu- dan berkata: "Berikanlah wasiat kepadaku." Maka Abu Darda' -radhiyallahu 'anhu- menjawab:

"Ingatlah Allah diwaktu luang dan sempit, dan jika engkau mengingat kematian maka jadikanlah dirimu seakan-akan seperti mereka, dan jika dirimu terlelapkan dengan sebagian perkara dari dunia, maka lihatlah kemana hal tersebut akan berakhir".

Suatu hari Abu Darda' -radhiyallahu 'anhu- keluar menuju suatu jenazah, dan mendatangi keluarganya yang sedang menangisi jenazah tersebut, maka Abu Darda' -radhiyallahu 'anhu- berkata:

"Sungguh miskin, orang yang akan mati esok hari sedang menangisi seorang yang mati hari ini".

Berkata Sa'id bin Jubair -rahimahullah-: "Seandainya hatiku terlepas dari mengingat kematian, maka aku sangat mengkhawatirkan hal tersebut akan merusak hatiku".

Berkata Mutharrif bin Asy Syikhkhir -rahimahullah-: "Sungguh kematian ini telah merenggut kenikmatan orang-orang yang mendapat nikmat, maka carilah kenikmatan yang tidak ada padanya kematian".

Berkata Raja' bin Haywah -rahimahullah-: "Tidaklah seorang hamba mengingat kematian kecuali ia akan meninggalkan berbangga dan kedengkian".

Berkata Malik bin Dinar -rahimahullah-: "Sungguh mengherankan orang-orang yang mengetahui kematian adalah akhirnya, kubur adalah tempat tinggalnya, namun bagaimana pandangannya bisa sejuk dengan dunia? Maka bagaimana ia bisa memperindah kehidupannya? Lalu beliaupun menangis".

Wallahu a'lam. []

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x