Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 04:03 WIB
 

Saya Bermanfaat Bagimu

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Selasa, 6 Maret 2018 | 01:11 WIB
Saya Bermanfaat Bagimu
(Foto: Istimewa)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Dialah yang menciptakan langit dan bumi beserta segala isinya. Hanya kepada Allah kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu pancaran dari akhlak mulia adalah kemampuan untuk menjadi manusia bermanfaat bagi orang lain. Dalam hidup ini ada dua kunci, yaitu kepada Allah kita menghamba dan kepada umat kita berkhidmat. Saat Allah menakdirkan kita memiliki ilmu yang mendalam, atau memiliki jabatan yang tinggi, atau memiliki harta yang berlimpah, semua itu bukanlah supaya kita meningkat popularitasnya, meningkat kekayaannya atau meningkat pujiannya dari manusia.

Ketika Allah menakdirkan kita memiliki kelebihan itu adalah supaya kita meningkat pula manfaatnya bagi orang lain. Punya ilmu yang luas dan dalam, maka diharapkan semakin giat juga kita berbagi ilmu kepada orang lain dan mengamalkannya. Sehingga ilmu yang kita miliki menjadi semakin luas manfaat dan keberkahannya.

Demikian pula saat Allah menakdirkan kita memiliki jabatan yang tinggi. Ini adalah supaya kita meningkat pula manfaatnya bagi kepentingan bersama. Dengan jabatan tinggi, berarti Allah sedang memberikan kesempatan kepada kita untuk menggunakan wewenang demi menegakkan kebenaran dan keadilan. Jika ditakdirkan menjadi pemimpin, maka Allah sedang memberi kesempatan kepada kita untuk berbuat adil dan memberi manfaat untuk lebih banyak orang.

Begitu juga ketika Allah Swt menakdirkan kita punya harta kekayaan berlebih. Ini adalah supaya kita pun bisa memberi manfaat bagi orang lain. Jangan sampai kita hanya kaya raya sendirian sedangkan di sekitar kita betapa banyak orang miskin yang terjerat utang dan rentenir. Bantulah mereka untuk bisa mandiri dan berdikari sehingga kehormatannya terjaga.

Rasulullah Saw bersabda, "Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seseorang yang bersikap tidak ramah. Dan, sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia." (HR. Thobroni dan Daruquthni).

Semoga kita termasuk orang-orang yang mau dan mampu menjadi manfaat bagi orang-orang lain dan lingkungan kita. Karena ini adalah sikap yang dicintai Allah Swt. dan merupakan ciri dari orang yang beriman. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget

x