Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 13:57 WIB

Saya Menyenangkan Bagimu

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Senin, 5 Maret 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Saya Menyenangkan Bagimu
(Foto: Ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Baik, senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita sehingga kita termasuk orang-orang yang istiqomah di jalan-Nya. Sholawat dan salam semoga slelau tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Bagian dari akhlak Islam itu adalah sikap yang menyenangkan untuk orang lain. Namun, penting untuk kita camkan bahwa kita bersikap menyenangkan bagi orang lain itu bukan supaya orang lain senang kepada kita, melainkan supaya Allah senang kepada kita.

Karena kalau kita bersikap menyenangkan dengan niat supaya orang lain senang kepada kita, maka belum tentu orang senang. Kita bersikap sesempurna apapun, semenyenangkan bagaimanapun, selalu saja ada orang yang senang dan tidak senang. Oleh karena itu, niatkanlah bersikap baik dan menyenangkan itu karena lillaahi taala. Jika Allah senang kepada kita, maka insyaa Allah makhluk-Nya pun akan senang pada kita.

Kita berbuat baik bukan untuk mendapat penilaian sebagai orang baik, karena akan tetap ada saja orang yang suka dan tidak suka. Kita berbuat baik sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt.

Sikap menyenangkan bagi orang lain minimalnya dengan 5S: senyum, salam, sapa, sopan, santun. Rasulullah Saw bersabda, "Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar maruf nahyi munkar yang kalian lakukan untuk saudaranya adalah sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga adalah sedekah." (HR. Tirmidzi dan Abu Dzar)

Maasyaa Allah, betapa tidak ada yang sia-sia di hadapan Allah jika sekecil apapun amal yang kita lakukan adalah dengan niat lillaahi taala. Semoga kita bisa menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan, disenangi Allah dan disenangi makhluk-Nya. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x