Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 15:04 WIB

Mujahadah Meraih Ihsan

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 2 Maret 2018 | 01:11 WIB

Berita Terkait

Mujahadah Meraih Ihsan
(Foto: smstauhiid)

ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur hanya kepada Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mendengar setiap bisikan hati, menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang senantiasa dilimpahi hidayah-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Siapakah orang yang pasti paling berbahagia? Tiada lain adalah orang yang dicintai oleh Allah Swt, Penguasa, Pemilik, Penggenggam langit, bumi dan segala apa yang ada. Dialah Dzat Yang Maha Baik, Maha Penjaga, Maha Pelindung, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dicintai manusia belum tentu bahagia. Karena manusia sama sekali tidak punya apa-apa, sama-sama sekedar nebeng di dunia. Tapi, dicintai Allah Swt dijamin untung dan bahagia. Lantas siapakah orang yang paling dicintai Allah? Dialah orang yang ihsan. Penyebutan bahwa Allah mencintai orang yang bersifat ihsan di dalam Al Quran lebih banyak daripada penyebutan kecintaan Allah terhadap orang dengan sifat lainnya.

Apa itu ihsan? Rasulullah Saw. bersabda, "Yaitu engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, dan apabila engkau tidak bisa (beribadah seolah-olah) melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu." (HR. Muslim)

Allah Swt berfirman, "..Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (QS. Ali Imron [4] : 1)

Orang yang memiliki sifat ihsan senantiasa terpelihara tingkah laku, perkataan bahkan hingga setiap niat dalam hatinya. Jikalau ada sesuatu yang keliru, ia sesegera mungkin beristighfar memohon ampun kepada Allah dan memperbaikinya. Mengapa demikian? Karena ia selalu ada dalam kesadaran dan keyakinan bahwa Allah Maha Mengetahui setiap kejadian sekecil apapun.

Orang yang ihsan senantiasa merasa dekat dengan Allah dan selalu mengharapkan cinta-Nya. Dan, inilah karakter orang yang oleh Allah banyak disebutkan di dalam Al Quran, sangat Allah cintai. Semoga kita tergolong hamba-hamba yang sangat dicintai Allah Swt. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

Embed Widget
x