Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 04:08 WIB
 

Adab Jimak di Malam Pertama dalam Islam

Oleh : - | Jumat, 23 Februari 2018 | 14:00 WIB
Adab Jimak di Malam Pertama dalam Islam
(Foto: ilustrasi)

Seperti kita ketahui, dalam Islam tidak mengenal istilah pacaran. Pendekatan-pendekatan yang di lakukan dalan membina sebuah mahligai rumah tangga adalah dengan cara khitbah yang melibatkan orang ketiga.

Selain untuk menjaga kehormatan, di sini pula terletak keindahan Islam. Dimana kontak fisik dan saat saat intim hanya diperbolehkan ketika telah terjalin ikatan yang suci dengan mengatasnamakan Allah. Berikut adalah adab berhubungan suami istri ketika malam pertama dalam Islam:

1. Ucapkan salam terlebih dahulu kepada mempelai wanita.

Sebelum melakukan hubungan badan, disunnahkan seorang mempelai laki-laki untuk mengucapkan salam kepada mempelai wanita. Hal ini untuk menenangkan hati dan pikiran si mempelai wanita sekaligus menghilangkan rasa was-was dan segan. Di samping untuk lebih mengakrabkan dan lebih mesra. Hal ini didasarkan kepada hadis berikut ini: "Dari Ummu Salamah berkata, bahwasannya ketika Rasulullah sholallahu alaihi wasallam menikahinya dan beliau hendak menggaulinya, beliau mengucapkan salam terlebih dahulu." (HR. Abu Shaikh dengan sanad Hasan).

2. Meletakkan tangan di kepala bagian depan (kening, jidat) istri anda, kecuplah sedikit kemudian doakanlah kebaikan sebagaimana tertera dalam hadis berikut ini:

"Apabila salah seorang di antara kalian menikahi seorang wanita atau membeli seorang pembantu (hamba), peganglah terlebih dahulu keningnya, sebutlah nama Allah dan berdoalah untuk keberkahan seraya ucapkanlah doa berikut ini: "Allahumma inni asaluka min khairiha wa khairi ma jabaltuha alaih, wa audzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma jabaltuha alaih (Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu kebaikannya (istri) dan kebaikan apa yang saya ambil dari padanya, serta aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan apa yang ada di dalamnya juga dari kejahatan dari apa yang aku ambil daripadanya." (HR. Abu Dawud, Nasai dan Ibn Majah).

3. Salat sunah dua rakaat bersama mempelai wanita. Salat sunah malam pengantin ini sunah hukumnya. Hal ini didasarkan kepada riwayat dari Abu Said mantan budak Abu Usaid berikut ini:

"Saya menikah ketika masih menjadi hamba sahaya, lalu saya mengundang sekelompok sahabat Rasulullah sholallahu alaihi wasallam di antaranya ada Ibnu Masud dan Abu Dzar juga Hudzaifah. Abu Said berkata: "Lalu dibacakan iqamat untuk salat. Abu Dzar kemudian berangkat untuk maju ke depan, para sahabat lainnya kemudian berkata: "Kamu juga ikut". Abu Said berkata: "Apakah harus demikian?" Mereka menjawab: "Ya". Aku lalu maju ke depan sedangkan saya saat itu masih seorang budak belian. Mereka mengajariku dan mereka berkata: "Apabila kamu hendak menggauli istri kamu (baru pengantin), salatlah terlebih dahulu dua rakaat, kemudian berdoalah kepada Allah untuk kebaikan apa yang telah kamu gauli, juga berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya dan kejahatan diri kamu juga diri keluargamu." (HR. Ibn Abi Syaibah dengan sanad Sahih).

4. Memakai wewangian dan penyegar mulut. Berdasarkan hadis Syuraih bin Hani berikut:

"Saya pernah bertanya kepada Siti Aisyah, dengan apa Rasulullah sholallahu alaihi wasallam memulai sebelum beliau menggauli istri-istrinya?" Siti AIsyah berkata: "Dengan siwak (pembersih mulut dan gigi)" (HR. Muslim).

5. Menyebut nama Allah dan berdoa dengan doa Jimak berikut ini sebelum anda menggaulinya:

"Ibnu Abbas berkata, Rasulullah sholallahu alaihi wasallam bersabda: "Apabila seseorang membaca doa berikut ini sebelum menggauli istrinya: "bismillah allahumma jannibnis syaithan wa jannibis syaithan ma razaqtana" (Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah setan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Engkau rizkikan kepada kami (anak, keturunan), kemudian dari hubungan tersebut ditakdirkan menghasilkan seorang anak, maka ia tidak akan diganggu oleh setan selamanya." (HR. Bukhari Muslim). [tiraikamar]

Komentar

 
Embed Widget

x