Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 23:19 WIB
 

2 Hadis terkait Meluruskan dan Merapatkan Saf

Oleh : - | Rabu, 21 Februari 2018 | 06:00 WIB
2 Hadis terkait Meluruskan dan Merapatkan Saf
(Foto: ilustrasi)

HUKUM meluruskan dan merapatkan shaf dibahas dalam dua hadits berikut ini, ada bahasannya dalam kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi.

Anas radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Luruskanlah shaf-shaf kalian, karena lurusnya shaf termasuk kesempurnaan shalat." (Muttafaqun alaih) [HR. Bukhari, no. 723 dan Muslim, no. 433]. Dalam riwayat Al-Bukhari disebutkan, "Karena lurusnya shaf termasuk mendirikan shalat."

Anas radhiyallahu anhu berkata, "Iqamah shalat telah dikumandangkan, lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menghadap kami kemudian berkata, Luruskanlah shaf-shaf kalian, karena aku dapat melihat kalian dari belakang punggungku." (HR. Bukhari dengan lafazhnya, sedangkan diriwayatkan oleh Imam Muslim secara makna) [HR. Bukhari, no. 719 dan Muslim, no. 434]. Dalam riwayat Al-Bukhari disebutkan, "Dan keadaan salah seorang, dari kami menempelkan bahunya dengan bahu rekannya dan kakinya dengan kaki rekannya."

Faedah Hadits:
- Disarankan bagi imam untuk memerintah jamaah meluruskan shaf sebelum dimulai shalat.
- Perintah meluruskan dan membentuk shaf nantinya setelah iqamah untuk shalat dikumandangkan.
- Meluruskan shaf merupakan bagian dari shalat berjamaah.
- Termasuk mukjizat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau dapat memerhatikan sahabatnya yang berada di balik punggungnya.
- Meluruskan shaf dengan cara menempelkan bahu dengan bahu dan kaki dengan kaki.

[baca lanjutan: Hukum Meluruskan Saf, Wajib atau Sunah?]

Komentar

 
Embed Widget

x