Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 23:19 WIB
 

Suami Idaman: Tak Mencari-cari Kesalahan Istri

Oleh : - | Senin, 19 Februari 2018 | 13:00 WIB
Suami Idaman: Tak Mencari-cari Kesalahan Istri
(Foto: ilustrasi)

INILAH kriteria suami idaman yang pasti akan membawa kebaikan dalam rumah tangga. Ketujuh: Tidak banyak curiga pada istri.

Inilah mengapa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan agar suami tidak terlalu penuh curiga ketika ia meninggalkan istrinya lalu datang dan ingin mengungkap aib-aibnya. Sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

"Jika salah seorang dari kalian datang pada malam hari maka janganlah ia mendatangi istrinya. (Berilah kabar terlebih dahulu) agar wanita yang ditinggal suaminya mencukur bulu-bulu kemaluannya dan menyisir rambutnya." (HR. Bukhari, no. 5246 dan Muslim, no. 715).

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhu, ia berkata, "Rasulullah shallallahu alihi wa sallam melarang seseorang mendatangi istrinya di malam hari untuk mencari-cari tahu apakah istrinya berkhianat kepadanya atau untuk mencari-cari kesalahannya." (HR. Muslim no. 715).

Hadits semacam ini kata Al-Muhallab adalah dalil yang menunjukkan terlarang mencari-cari kesalahan dan kelengahan istri karena ini adalah bagian dari fitnah dan termasuk berburuk sangka padanya (Lihat Syarh Al-Bukhari li Ibni Batthol, 13:372, Asy-Syamilah).

Semoga penuh berkah dan manfaat. [Referensi: Shahih Fiqh As-Sunnah. Syaikh Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim/ Muhammad Abduh Tuasikal]

Komentar

 
Embed Widget

x