Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 23:33 WIB

Suami Idaman: Memenuhi Hajat Istri

Selasa, 20 Februari 2018 | 18:00 WIB

Berita Terkait

Suami Idaman: Memenuhi Hajat Istri
(Foto: Istimewa)

INILAH kriteria suami idaman yang pasti akan membawa kebaikan dalam rumah tangga. Kelima: Banyak memaklumi kekurangan satu sama lain dan terus memperbaiki diri.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah seorang mukmin membenci seorang mukminah. Jika si pria tidak menyukai suatu akhlak pada si wanita, maka hendaklah ia melihat sisi lain yang ia ridhai." (HR. Muslim, no. 1469)

Keenam: Suami punya kewajiban memenuhi hajat istri

Ada kisah Abu Darda dan Salman yang dipersaudarakan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam sebagai berikut,

Nabishallallahu alaihi wa sallamtelah mempersaudarakan Salman dan Abu Darda. Suatu saat Salman mengunjungi saudaranya- Abu Darda. Ketika itu Salman melihat istrinya, Ummu Darda, dalam keadaan tidak mengenakkan. Salman pun berkata kepada Ummu Darda, "Kenapa keadaanmu seperti ini?" "Saudaramu, Abu Darda, seakan-akan ia tidak lagi mempedulikan dunia", jawab wanita tersebut. Abu Darda kemudian datang. Salman pun membuatkan makanan untuk Abu Darda. Salman berkata, "Makanlah". "Maaf, saya sedang puasa", jawab Abu Darda. Salman pun berkata, "Aku pun tidak akan makan sampai engkau makan." Lantas Abu Darda menyantap makanan tersebut.

Ketika malam hari tiba, Abu Darda pergi melaksanakan shalat malam. Salman malah berkata pada Abu Darda, "Tidurlah". Abu Darda pun tidur. Namun kemudian ia pergi lagi untuk shalat. Kemudian Salman berkata lagi yang sama, "Tidurlah". Ketika sudah sampai akhir malam, Salman berkata, "Mari kita berdua shalat." Lantas Salman berkata lagi pada Abu Darda,

"Sesungguhnya engkau memiliki kewajiban kepada Rabbmu. Engkau juga memiliki kewajiban terhadap dirimu sendiri (yaitu memberi supply makanan dan mengistirahatkan badan, pen), dan engkau pun punya kewajiban pada keluargamu (yaitu melayani istri, pen). Maka berilah porsi yang pas untuk masing-masing kewajiban tadi." Abu Darda lantas mengadukan Salman pada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, lantas beliau bersabda, "Salman itu benar" (HR. Bukhari, no. 968).

[baca lanjutan: Suami Idaman: Tak Mencari-cari Kesalahan Istri]

Komentar

Embed Widget
x