Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 15:31 WIB

Suami Idaman: Paham dan Mengamalkan Agama

Selasa, 20 Februari 2018 | 08:00 WIB

Berita Terkait

Suami Idaman: Paham dan Mengamalkan Agama
(Foto: ilustrasi)

INILAH kriteria suami idaman yang pasti akan membawa kebaikan dalam rumah tangga. Pertama: Suami memahami agama sehingga menjadi imam terbaik bagi keluarga di rumah

Dalam hadits dari Muawiyah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama." (HR. Bukhari, no. 71 dan Muslim, no. 1037)

Ibnu Hajar rahimahullah menyatakan, "Dapat disimpulkan dari hadits tersebut bahwa siapa yang tidak memahami agama, enggan mempelajari dasar-dasar Islam dan cabang-cabangnya, maka ia diharamkan untuk mendapatkan kebaikan." (Fath Al-Bari, 1: 165)

Ibnul Qayyim mengatakan, "Siapa yang tidak belajar agama, maka tidak akan mendapatkan kebaikan. Sebaliknya, siapa yang ingin dapat kebaikan, maka ia akan dipahamkan dalam agama. Siapa yang dipahamkan dalam agama, maka ia telah diinginkan jadi baik jika memang ia memahami ilmu agama itu sambil diamalkan. Jika ia jadikan ilmu hanya sebagai wacana saja, ia tidaklah disebut faqih (paham) dan tidak mendapatkan kebaikan. Karenanya faqih (paham agama sambil diamalkan, pen.) merupakan syarat untuk mendapatan kebaikan." (Miftah Dar As-Saadah, 1:243)

[baca lanjutan: Suami Idaman: Peduli Agama Istri dan Anaknya]

Komentar

Embed Widget
x