Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 00:26 WIB
 

Jangan Sia-siakan Hidup

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Senin, 19 Februari 2018 | 01:11 WIB
Jangan Sia-siakan Hidup
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Dia-lah Penggenggam segala yang ada di alam semesta ini. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman, "Dan, jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal sholeh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin." (QS. As Sajdah [32] : 12)

Saudaraku, hidup di dunia ini hanya satu kali dan sangat sebentar saja. Jika kita melihat usia kita hari ini, tentu kita akan merasa betapa tidak terasanya waktu bergulir. Maka, dalam kesempatan yang sebentar ini, alangkah meruginya kita jikalau melewatinya dengan hal-hal yang sia-sia apalagi kemaksiatan.

Namun, tidak sedikit orang yang terlena dengan berbagai nikmat yang ia dapatkan di dunia. Sehingga waktu yang ia miliki lebih banyak ia gunakan untuk berleha-leha, bersenang-senang tanpa memikirkan mana yang halal dan yang haram. Ia kumpulkan harta kekayaan tanpa mengalokasikan sebagiannya untuk bersedekah, seolah-olah ia akan hidup di dunia selamanya.

Allah Swt berfirman, "Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Robb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang sholeh?" (QS. Al Munafiqun [63] : 10)

Sungguh, penyesalan-penyesalan kita di alam kubur nanti sedikitpun tidak akan berguna. Penyesalan selalu datang belakangan, oleh karena itu marilah kita optimalkan kesempatan hidup di dunia yang Allah berikan kepada kita ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada-Nya. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung, bukan yang merugi. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x