Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 15:27 WIB
 

Tiada Prestasi Tanpa Disiplin

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Rabu, 14 Februari 2018 | 01:11 WIB
Tiada Prestasi Tanpa Disiplin
(Foto: smstauhiid)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah yang Maha Mengatur segalanya secara sempurna. Tidak ada yang meleset, tidak ada yang kurang, tidak ada yang berlebihan, tidak ada yang salah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhamamad Saw.

Saudaraku, mari kita perhatikan tetesan air yang jatuh di atas bongkahan batu. Tetesan air yang kecil dan lembut itu lama-kelamaan membuat bongkahan batu menjadi cekung bahkan bolong. Ini terjadi karena ada tetesan air yang meskipun kecil namun berlangsung secara konsisten. Disiplin.

Rasulullah Saw bersabda, "Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang dawam (kontinu) walaupun itu sedikit." (HR. Muslim)

Maka, disiplin bukan ilmu yang hanya milik kalangan militer saja. Sesungguhnya disiplin adalah ilmu milik kita semua, yang juga harus diamalkan oleh kita semua apapun profesi atau pekerjaan kita.

Disiplin adalah bagian dari ajaran Islam. Dan, Rasulullah Saw sangat mengajarkan kedisiplinan sebagaimana kita simak dari hadits di atas. Sebagai contoh, tidak ada di dunia ini ibadah yang memiliki praktik kedisiplinan sebagaimana terdapat dalam ibadah sholat, baik munfarid maupun berjamaah. Gerakannya berlangsung secara disiplin, setiap tahapan posisi ke posisi berikutnya. Demikian pula saat dilakukan secara berjamaah, setiap bagian baik imam maupun makmum, melakukan sholat dengan penuh kedisiplinan. Imam selalu bergerak lebih dahulu, doanya diaminkan dan diikuti oleh makmum. Maasyaa Allah!

Dalam kehidupan sehari-hari, kemenangan, kesuksesan, keberhasilan hanya milik orang-orang yang disiplin. Seorang karyawan akan sukses manakala ia bekerja dengan disiplin, datang tepat waktu, setiap tugas diselesaikan sesuai target, dan yang utama ia menunaikan ibadah pun tepat waktu tanpa mengganggu tugas-tugasnya. Pekerja yang demikian adalah pekerja yang berprestasi baik di hadapan atasannya, rekan-rekannya maupun di hadapan Allah Swt.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang disiplin baik dalam beribadah kepada-Nya maupun dalam aktifitas sehari-hari. Sehingga kita menjadi pribadi yang berprestasi di dunia dan akhirat. Aamiin yaa Robbal aalamiin.[smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x