Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 00:44 WIB

Rasulullah: Apa yang Aku Larang maka Jauhilah

Kamis, 15 Februari 2018 | 18:00 WIB

Berita Terkait

Rasulullah: Apa yang Aku Larang maka Jauhilah
(Foto: ilustrasi)

ABU Hurairah radhiallahu anhu, menceritakan bahwasanya dia mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam bersabda:

"Apa yang aku larang kalian dari (mengerjakan)-nya maka jauhilah ia, dan apa yang aku perintahkan kalian untuk (melakukan)-nya maka lakukanlah sesuai dengan kemampuan kalian, karena sesungguhnya yang menghancurkan orang-orang yang sebelum kalian adalah karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan mereka (yang mereka ajukan) dan perselisihan mereka dengan para Nabi-Nabi (yang diutus kepada) mereka". (H.R.Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits tersebut kita diperintahkan untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam dan menjauhi apa saja yang dilarang oleh beliau. Larangan tersebut dimaksudkan agar kita tidak terjebak dengan apa yang telah menimpa umat-umat terdahulu yang hancur dan binasa gara-gara terlalu banyak bertanya kepada Nabi-Nabi mereka tentang sesuatu yang tidak ada faedahnya begitu juga seringnya mereka berselisih dan membantah Nabi-Nabi mereka tersebut.

Secara global, barangsiapa yang melakukan apa yang diperintahkan oleh Nabi saw dan menjauhi apa yang dilarang oleh beliau dan memfokuskan diri pada apa yang diperintahkan kepadanya, terlepas dari yang lainnya maka dia akan mendapakan keselamatan di dunia dan akhirat sedangkan orang yang berbuat sebaliknya dengan menyibukkan dirinya berdasarkan pertimbangan logika dan perasaan semata, maka dia telah terjerumus kedalam apa yang dilarang oleh Nabi saw sama seperti halnya Ahlul Kitab yang binasa lantaran terlalu banyak bertanya dan berselisih dengan para Nabi mereka dan ketidaktundukan serta ketidaktaatan mereka kepada para Rasul yang diutus kepada mereka.

Komentar

Embed Widget
x