Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 14:24 WIB

Tips Hebat untuk Rumahtangga Kita

Selasa, 13 Februari 2018 | 09:00 WIB

Berita Terkait

Tips Hebat untuk Rumahtangga Kita
(Foto: ilustrasi)

SIAPA yang tak mau memiliki keluarga yang harmonis. Suasana di rumah senantiasa ceria dan penuh berkah bagi para anggota keluarganya. Adapun sebagaimana kami kutip dari laman "Istri Menarik Suami Tertarik" ada beberapa tips hebat yang dapat kita adopsi ke dalam rumah tangga kita. Dan semoga dapat sama-sama kita amalkan, insya Allah. Berikut di antaranya:

1. Amalkan amalan seperti bersalam (dengan anak-anak) dan berpelukan (setiap hari sebelum dan selepas bekerja). InsyaAllah, amalan ini sangat baik dan boleh menceriakan rumah tangga anda.

2. Amalkan makan bersama keluarga. Biasanya jika soal makan, banyak yang akan berpikir bahwa makan bersama seperti di dalam drama tv. Padahal makan bersama yang kami maksudkan adalah berbagi makanan di dalam satu piring dan berbagi minuman dari gelas yang sama. Memang bagi orang yang tidak pernah mencoba cara ini mereka akan merasa agak janggal, tapi kalau sudah mencobanya, kami yakin hubungan suami istri akan jauh lebih erat. Apalagi jika si suami menyuap makanan ke dalam mulut si istri. Oh, memang indah! Inilah akhlak Rasulullah terhadap istrinya.

3. Membuat musyawarah atau diskusi harian. Jangan salah anggap. Musyawarah yang kami maksudkan bukanlah musyawarah resmi atau formal. Musyawarah bersama suami istri dan anak-anak adalah musyawarah yang diadakan dalam suasana tidak formal dan santai. Contohnya sebelum tidur, saat sedang makan dan sebagainya.

4. Menghidupkan rumah dengan amalan taalim. Amalan taalim di rumah ibarat seperti mesin pada sebuah kendaraan. Tanpa mesin, kendaraan tak akan berfungsi dan bermanfaat. Hidupkan amalan membaca hadis dan membaca ayat suci alquran, atau apa saja amalan keagamaan di rumah secara berjemaah. Ajak ahli keluarga (suami) duduk bersama selama 5-15 menit (minimum) setiap hari. Inilah amalan yang menjadi amalan para sahabat selepas mereka kembali dari majlis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di masjid.

5. Mengungkapkan kasih sayang terhadap ahli keluarga. Kasih sayang itu perlu diungkapkan atau dinyatakan, bukannya dipendam. Kasih sayang terhadap istri perlu ditunjukkan. Maksud ditunjukkan di sini bukannya dalam bentuk harta dan kemewahan, tapi melalui perhatian, kata-kata, tingkah laku di rumah, akhlak terhadap istri dan sebagainya. Seorang suami yang mencoba untuk memasak dan melakukan pekerjaan rumah di rumah akan dihormati oleh istrinya selama-lamanya.

Lima tips di atas bukanlah tips yang dibuat-buat, tapi inilah lima cara yang telah ditunjukkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kepada ahlinya (keluarga). Maksudnya ini adalah sunah nabi. "Barang siapa yang mencintai sunah, dia akan bersama Rasulullah di surga kelak." []

Komentar

Embed Widget
x