Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 23 Februari 2018 | 13:15 WIB
 

Harus Ada Ruang dalam Hati untuk Kemungkinan Lain

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 8 Februari 2018 | 03:31 WIB
Harus Ada Ruang dalam Hati untuk Kemungkinan Lain
(Foto: ilustrasi)

MOTIVASI itu penting agar hidup tetap bergairah, tak lemas dan layu. Percaya diri itu penting agar semangat terus berlanjut dan tak terkalahkan oleh rasa putus asa. Berdoa itu penting sebagai sandaran jiwa untuk terus memiliki harap di tengah kesulitan. Demikian yang sering kita dengar dari ceramah dan khutbah sang motivator.

Tak ada yang salah dengan kalimat itu. Namun ada dua catatan penting yang harus diingat agar garis kewajaran dalam optimisme itu tak terlewati sampai pada tingkat ambisi yang kurang baik, agar garis kepantasan percaya diri itu tak dilampaui sampai tiba di ranah sombong.

Catatan pertama adalah bahwa setiap keinginan itu sesungguhnya bagai sekeping uang koin yang memiliki dua sisi: satu sisi adalah gairah karena ingin dan satu sisi lainnya adalah ketakutan untuk tak tercapai. Mengapa saya katakan tadi "garis kewajaran dan kepatutan?" Karena jika berat ke sebelah sisi maka hati akan berada dalam posisi turbulensi (galau).

Catatan kedua adalah bahwa tidak semua yang mungkin itu adalah tercipta bagi kita. Orang optimis selalu berkata "I can" dan "everything is possible." Memang tak salah, namun tidak adanya ruang dalam hati untuk sadar bahwa bisa saja kita tak bisa memperoleh yang mungkin itu akan memungkinkan kita jatuh dalam stress dan depresi.

Harus ada ruang hati untuk sadar bahwa tidak semua yang mungkin itu adalah pasti dicipta untuk kita. Terimalah apa yang ditakdirkan dan bersabarlah atas kegagalan menggapai yang diinginkan. Salam bahagia, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x