Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 16:55 WIB
 

Hidup Sebagai Dzikir

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 2 Februari 2018 | 01:11 WIB
Hidup Sebagai Dzikir
(Foto: ilustrasi)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Tiada yang wajib disembah selain Allah, tiada yang bisa dijadikan sandaran, tempat memohon dan berlindung selain Allah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Semoga kita termasuk orang yang tidak pernah lepas hatinya dari mengingat Allah Swt. Karena dzikir, mengingat Allah adalah hal yang teramat berharga di dalam hidup ini. Segala sesuatu itu ujungnya adalah dzikir. Sholat adalah dzikir, shaum itu dzikir, sedekah itu dzikir, haji itu dzikir, setiap amal sholeh itu merupakan dzikir. Setiap perbuatan akan menjadi amal sholeh jika terpenuhi dua syarat : niat karena Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah Saw.

Oleh karena itu, setiap pekerjaan akan berlipat ganda nilainya dan berkah jikalau ia berujung sebagai dzikir kepada Allah Swt. Karena memang demikianlah seharusnya. Sebagai seorang muslim, yang membedakan kita dengan penganut agama lain adalah setiap pekerjaan kita memiliki nilai tambah yang tiada terkira yaitu sebagai ibadah, tidak hanya berakhir di dunia namun tersambung ke akhirat. Ucapan kita menjadi dzikir, perbuatan kita menjadi dzikir, niat kita menjadi dzikir. Maa syaa Allah.

Rasulullah Saw pernah bersabda kepada para sahabat, "Maukah aku kabarkan kepada kalian sesuatu yang lebih baik dari amal-amal kalian, lebih suci di hadapan Penguasa kalian (Allah), lebih baik daripada menafkahkan emas dan perak, dan lebih bagus bagi kalian daripada berjihad menghadapi musuh kalian kemudian kalian memukul leher-leher mereka?" Para sahabat menjawab, "Tentu, ya Rasulullah." Kemudian, beliau bersabda, "Dzikrulloh!" (HR. Tirmidzi)

Marilah kita basahkan hati dan lisan kita dengan berdzikir menyebut nama Allah Swt., baik dengan dzikir Asmaul Husna atau dengan doa-doa. Dan, marilah kita lebatkan amal perbuatan kita dengan niat ibadah sehingga menjadi sebentuk dzikir, mengingat Allah dalam setiap kesempatan dan dimanapun kita berada. WAllahualam bishowab.[smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x