Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 20:46 WIB
 

Tiga Sisi Kehidupan Setiap Manusia

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 1 Februari 2018 | 00:08 WIB
Tiga Sisi Kehidupan Setiap Manusia
(Foto: ilustrasi)

DIAKUI atau tidak, tidak semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita adalah hal yang (perlu) diketahui semua orang. Walau orang itu adalah public figure yang terkenal; pastilah ada sisi kehidupannya yang tak dibuka ke orang umum. Bisa jadi yang tahu hanyalah orang dekatnya. Bahkan bisa jadi hanya dia sendiri yang mengetahuinya.

Ulama psikologi menyatakan bahwa ada tiga sisi kehidupan yang biasa ada dalam kehidupan setiap manusia: kehidupan umum, yakni sisi kehidupan yang diketahui semua orang; kehidupan khusus, yakni sisi kehidupan yang hanya diketahui orang-orang khusus, teman dekat dan atau keluarga; kehidupan rahasia, yakni sisi kehidupan private, yang hanya diketahui sendiri, disimpan sendiri, tak diumbar pada orang lain.

Orang yang baik adalah orang yang tahu betul menempatkan kisah dirinya, mana yang publik dan mana yang private, mana yang bisa atau perlu diketahui orang banyak dan mana yang cukup dirinya yang tahu. Orang seperti ini akan selamat dan bahagia hidupnya.

Media massa dan media sosial kita sepertinya saat ini sering kali menjadi corong mengumumkan sisi privasi yang harusnya rahasia diri. Motifnya beragam, mulai dari kepuasan diri sampai pada motif ekonomi. Hal seperti ini akan berujung kehinaan dan penyesalan pada masanya nanti. Media massa dan media sosial kadangkala juga mengungkap yang tak layak diungkap dengan motif untuk menyembunyikan atau menutupi apa yang sudah mulai terungkap.

Bersikap wajar dan bijak adalah jalan kemuliaan dan keselamatan. Kata psikolog Madura yang belajar psikologi pada para kakek dan tetua: "Juko' seekenning panceng area juko' se colo'na anganga. Akkep salamet. " (Ikan yang kena pancing adalah ikan yang mulutnya mengaga, terbuka. Tutup mulut, selamat). Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x