Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 20:33 WIB
 

Istiqomah Walau Sedikit

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Rabu, 31 Januari 2018 | 01:11 WIB
Istiqomah Walau Sedikit
(Foto: Istimewa)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt., Dzat Yang Maha Esa, tidak ada yang serupa dengan-Nya. Dialah Yang Maha Awal dan Maha Akhir. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Rasulullah Saw bersabda, "Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang kontinu (dawam) walaupun sedikit." (HR. Muslim)

Kontinuitas atau kita kenal juga dengan istilah istiqomah dalam beribadah adalah hal yang dicintai Allah Swt. Melakukan ibadah yang ringan atau sedikit namun terus-menerus dan berkelanjutan, itu jauh lebih bagus daripada ibadah yang berat atau banyak tapi hanya sekali saja.

Semangat yang menggebu-gebu tapi hanya muncul sebentar lalu padam itu biasanya lahir dari jiwa yang emosional. Sedangkan istiqomah itu lahir dari jiwa yang memiliki cita-cita besar yaitu cita-cita ingin dicintai oleh Allah Swt. Istiqomah tidak bisa lahir dari cita-cita yang selain karena Allah Swt. Seperti tahajud karena cita-cita ingin dapat jodoh, maka setelah jodoh didapat, tahajud pun berkurang. Setiap amalan yang dilakukan karena alasan duniawi, maka itu tidak akan pernah melahirkan istiqomah.

Orang yang memiliki kemuliaan adalah orang yang istiqomah. Ketika ia mengetahui suatu kebaikan, kemudian ia mau mengupayakan kebaikan itu agar tercapai dan melanjutkannya dengan keistiqomahan, maka ia akan menjadi pribadi yang bernilai. Semoga kita termasuk pribadi-pribadi yang istiqomah dalam beramal, walaupun amal tersebut kecil, sehingga dicintai oleh Allah Swt. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

Komentar

 
Embed Widget

x