Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 00:16 WIB
 

Makna Bani Israil Dilebihkan di Atas Segala Umat

Oleh : - | Minggu, 28 Januari 2018 | 15:00 WIB
Makna Bani Israil Dilebihkan di Atas Segala Umat
(Foto: ilustrasi)

IMAM At-Thabari Syaikhul Mufassirin menyimpulkan bahwa kelebihan yang Allah berikan kepada Bani Israil ini berlaku bagi para pendahulu Bani Israil, disebabkan mereka banyak yang menjadi ulama, memahami taurat dan menjadi pengikut setia Musa dan para nabi lainnya.

At-Thabari mengatakan, Maksudnya, "Aku melebihkan para pendahulu kalian". Sehingga Allah menyebut nikmat yang Allah berikan kepada nenek moyang mereka dan pendahulu mereka, bagian dari nikmat mereka (orang yahudi yang hidup di akhir zaman).

Kemudian at-Thabari menyebutkan keterangan beberapa ulama,

[1] Qatadah mengatakan, "Aku telah melebihkan kalian atas segala umat." Maksudnya Allah lebihkan mereka di atas seluruh alam berlaku di zaman itu.

[2] Abul Aliyah mengatakan, "Aku telah melebihkan kalian atas segala umat." Kelebihan itu dalam bentuk mereka diberi kerajaan, para rasul, dan kitab. Kelebihan di atas seluruh alam di zaman itu. Karena di setiap zaman ada ulamanya.

Kemudian at-Thabari menyebutkan beberapa riwayat dalil yang menunjukkan keistimewaan umat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Diantaranya, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Kalian menyempurnakan 70 umat. Kalian umat terbaik dan yang paling mulia di hadapan Allah." (HR. Ahmad 11587, Turmudzi 3271 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Kemudian at-Thabari menyimpulkan, "Informasi ini disampaikan dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bahwa Bani Israil tidak lebih mulia dibandingkan umat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam." (Tafsir at-Thabari, 1/24-25)

Demikian. Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

Komentar

 
Embed Widget

x