Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 19:04 WIB
 

Wajib Menghafal Alquran dalam 2 Kondisi ini

Oleh : - | Sabtu, 27 Januari 2018 | 12:00 WIB
Wajib Menghafal Alquran dalam 2 Kondisi ini
(Foto: inilahcom)

TERDAPAT banyak dalil yang menganjurkan untuk menghafal al-Quran. Diantaranya, firman Allah, "Sebenarnya, Al-Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu" (QS. al-Ankabut: 49)

Allah menyebut, salah satu ciri orang yang berilmu (ulama) adalah menghafal al-Quran. Dan masih banyak dalil lainnya, yang menunjukkan keutamaan menghafal al-Quran. Apakah menghafal al-Quran itu wajib? Ada 2 kondisi menghafal al-Quran menjadi wajib,

Pertama, Menghafal al-Quran sebagai bagian dari tugas umat. Dalam arti, harus ada beberapa orang yang menghafal seluruh isi al-Quran. Sehingga menghafal al-Quran termasuk fardhu kifayah. Imam Ibnu Baz mengatakan, "Menghafal al-Quran tidak wajib. Menghafal al-Quran hukumnya anjuran. Namun ini kewajiban, dimana harus dihafal oleh sebagian kaum muslimin." (Sumber: http://www.binbaz.org.sa/noor/1627)

Kedua, Menghafal al-Quran yang menjadi rukun dalam shalat. Itulah menghafal al-Quran yang menjadi tugas semua muslim. Karena mereka punya kewajiban melakukan shalat. Dan bagian al-Quran yang menjadi rukun shalat adalah al-Fatihah. Karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk menghafal al-Fatihah.

Syaikhul Islam mengatakan, "Wajib baginya untuk menghafal bagian dari al-Quran yang harus dibaca dalam shalat. Allahu alam" (Jami al-Masail li Syaikhil Islam, volume 9, hlm. 487).

Demikian. Allahu alam. [Ustadz Ammi Nur Baits]

Komentar

 
Embed Widget

x