Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:09 WIB

Solusi Islam Ketika Terjadi Bencana Gempa

Oleh : - | Selasa, 23 Januari 2018 | 18:00 WIB
Solusi Islam Ketika Terjadi Bencana Gempa
(Foto: ilustrasi)

KARENA itu, bertaqwalah kepada Allah, takutlah kepada Allah, mintalah ampunan kepada Allah. Ingatlah firman Allah,

Katakanlah: "Dialah yang berkuasa untuk mengirimkan azab kepadamu, dari atas kamu atau dari bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebahagian kamu keganasan sebahagian yang lain. Perhatikanlah, betapa Kami mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami silih berganti agar mereka memahami(nya)". Dan kaummu mendustakannya (azab) padahal azab itu benar adanya. Katakanlah: "Aku ini bukanlah orang yang diserahi mengurus urusanmu". Untuk setiap berita (yang dibawa oleh rasul-rasul) ada (waktu) terjadinya dan kelak kamu akan mengetahui." (QS. Al-Anam: 65 67)

Umar bin Abdul Aziz pernah mengirim surat ke berbagai negara bagian. Isinya: Amma badu, sesungguhnya gempa yang terjadi ini merupakan teguran dari Allah kepada hamba-Nya. Saya telah mengirim surat ke berbagai daerah untuk keluar pada hari tertentu. Siapa yang memiliki sesuatu, hendaknya dia sedekahkan. Karena Allah berfirman, "Sungguh beruntung orang yang mengeluarkan zakat. Dia mengingat nama Tuhannya kemudian shalat."

Dan aku perintahkan mereka untuk mengatakan sebagaimana yang diucapkan Adam: "Ya Allah, kami telah menzalimi diri kami, jika Engkau tidak mengampuni kami dan merahmati kami, tentu kami akan menjadi orang yang rugi."

Aku juga perintahkan agar mereka mengucapkan sebagaimana yang dikatakan Yunus: "Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, sesungguhnya aku termasuk orang yang zalim." (Al-Jawabul Kafi, Hal. 88)

[Disadur dengan berbagai perubahan dari artikel: Az-Zilzal: Ibarun wa idzah, karya Syaikh Muhammad bin Abdullah Al-Habdan/alhabdan.islamlight.net/Ustadz Ammi Nur Baits]

Komentar

Embed Widget

x