Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 22:41 WIB
 

Faedah Hadis "Aku Sesuai Persangkaan Hamba-Ku"

Oleh : - | Selasa, 23 Januari 2018 | 06:00 WIB
Faedah Hadis
(Foto: ilustrasi)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Allah Taala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat)." (Muttafaqun alaih) [HR. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675]

Faedah dari Hadits:

- Allah bersama hamba-Nya yang beriman dengan sifat maiyah (kebersamaan) yang khusus yaitu dengan memberi perhatian, penjagaan, taufik, dan pertolongan.
- Allah bersama hamba-Nya ketika ia mengingat-Nya, maksudnya Allah bersamanya dengan rahmat-Nya, memberinya taufik, hidayah dan perhatian. Adapun firman Allah Taala (yang artinya), "Dan Dia bersama kalian di mana saja kalian berada", yaitu dengan ilmu Allah. Hal ini dinyatakan oleh Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim, 17:3.
- Allah menyatakan diri-Nya dengan "nafs", berarti Allah mempunyai dzat yang hakiki.
- Kalimat "Jika ia mengingat-Ku, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku" maksudnya jika mengingat Allah dalam keadaan bersendirian. Amalan yang sembunyi-sembunyi seperti inilah yang dibalas oleh Allah.
- Ulama Mutazilah dan yang sepaham dengannya berdalil bahwa malaikat lebih mulia dari para Nabi berdasarkan dalil " Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat)". Namun ulama Syafiiyah menyatakan bahwa para nabi tetap lebih mulia dari malaikat berdasarkan dalil ayat tentang Bani Israil (yang artinya), " dan Kami lebihkan mereka atas makhluk lainnya." (QS. Al-Jatsiyah: 16). Adapun yang dimaksud hadits adalah mengingat Allah di suatu kumpulan yang tidak terdapat nabi di situ, tentu kumpulan malaikat itu lebih utama.
- Jika seseorang mengingat Allah (berdzikir kepada Allah) di suatu kumpulan, Allah akan menyanjungnya di sisi makhluk-Nya yang mulia (yang lebih baik dari kumpulan tersebut).
- Berhusnuzhan kepada Allah.
- Allah memiliki sifat kalam.

[baca lanjutan: Doa akan Menjadi Ampuh, Apabila...]

Komentar

 
Embed Widget

x