Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 16:42 WIB

Ketika Jin Meminta Bekal Makanan pada Rasul

Jumat, 19 Januari 2018 | 08:00 WIB

Berita Terkait

Ketika Jin Meminta Bekal Makanan pada Rasul
(Foto: ilustrasi)

TERDAPAT banyak dalil yang menunjukkan bahwa jin melakukan aktivitas makan dan minum sebagaimana manusia. Diantaranya,

[3] Permintaan jin muslim kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, beliau bercerita, Bahwasanya ia pernah membawakan pada Nabi shallallahu alaihi wa sallam wadah berisi air wudhu dan untuk istinjak beliau. Ketika ia membawanya, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bertanya, "Siapa ini?" "Saya, Abu Hurairah".

Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam meminta, "Carikan beberapa buah batu untuk kugunakan bersuci. Dan jangan bawakan padaku tulang dan kotoran." Abu Hurairah berkata, "Kemudian aku mendatangi beliau dengan membawa beberapa buah batu dengan ujung bajuku. Hingga aku meletakkannya di samping beliau dan aku berlalu pergi. Ketika beliau selesai buang hajat, aku pun berjalan menghampiri beliau dan bertanya, "Ada apa dengan tulang dan kotoran?" Beliau bersabda,

"Tulang dan kotoran merupakan makanan jin. Keduanya termasuk makanan jin. Aku pernah didatangi rombongan utusan jin dari daerah Nashibin dan mereka adalah sebaik-baik jin. Mereka meminta bekal kepadaku. Lalu aku berdoa kepada Allah untuk mereka agar setiap kali mereka melewati tulang dan kotoran, mereka mendapatkan makanan padanya". (HR. Bukhari 3860)

Dalam hadis lain dari Abdullah bin Masud radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah kalian beristinja (membersihkan kotoran pada dubur) dengan kotoran dan jangan pula dengan tulang karena keduanya merupakan bekal bagi saudara kalian dari kalangan jin." (HR. Tirmidzi no. 18. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

[4] Penjelasan Ibnul Qayyim. Ibnul Qayyim menyebutkan bahwa khamr adalah minuman setan. Karena Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan setan." (QS. Al Maidah: 90). Allah sebut, minum khamr adalah perbuatan setan. Artinya khamr termasuk minuman setan. (Alam jin wa Syayathin, hlm. 20)

[baca lanjutan: Agar Makanan Kita Tidak Dimakan oleh Jin]

Komentar

Embed Widget
x